Kamis, 13 Maret 2014

Manfaat Dan Efek Samping Minum Kopi


Berbicara tentang minuman yang satu ini yaitu kopi, banyak yang bilang bahwa dengan mengkonsumsi (minum kopi) setiap hari dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kebugaran badan seseorang.
Namun tahukah anda, bahwa
sebenarnya tak semua persepsi mengenai dampak buruk kopi itu benar. Karena menurut beberapa penelitian, kopi justru mempunyai khasiat yang baik dan banyak menyimpan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seseorang.

Tapi anda tak lantas harus mengkonsumsi kopi secara berlebihan jika mendengar kata bermanfaat untuk kesehatan di atas, kopi bisa bermanfaat Dengan syarat, asalkan dalam mengkonsumsi kopi ini secara bijak, (tidak melebihi batas pengonsumsian dan dikonsumsi setelah perut terisi makanan).

Manfaat minum kopi
Berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan tubuh manusia :

A.Mencegah Seseorang Terkena Batu Ginjal
Menurut pakar peneliti yang bertempat di Harvard, mereka melakukan penelitian tentang kopi, dan alhasil merekapun mengumumkan bahwa untuk seorang wanita yang mau meminum kurang lebih 2-3 cangkir kopi sehari, berarti mereka telah mengurangi resiko terkena serangan penyakit batu ginjal sebesar 25%, penelitian ini dikuatkan oleh beberapa ahli peneliti yang tersebar didunia lainnya.
B.Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Diabetes Tipe II Hingga 50%
Dengan mengkonsumsi beberapa cangkir kopi dalam sehari ternyata juga bermanfaat untuk menjauhkan diri agar tidak terserang penyakit diabetes tipe 2, hal ini didarasi oleh kandungan Asam klorogenik yang terdapat dalam kopi. Kandungan Asam klorogenik berperan memperlambat penyerapan kadar gula pada sistem pencernaan tubuh. Selain berfungsi untuk memperlambat penyerapan kadar gula, Asam klorogenik juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan GLP-1, zat kimia GLP-1 dapat meningkatkan insulin dalam tubuh.
C.Mencegah Kanker
Menurut beberapa riset yang dilakukan secara konsisten bahwa dengan meminum kopi sekitar 2-3 cangkir dalam sehari, dapat mengurangi risiko terserang penyakit kanker, adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker yang terjadi pada wanita (kanker yang menyerang bagian buah dada).
D.Mencegah Penyakit jantung dan stroke
Dengan mengkonsumsi rutin 2-3 cangkir kopi ternyata tidak meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung dan stroke.  Malah Sebaliknya, dengan mengkonsumsi kopi dapat mencegah dan mengurangi resiko seseorang terkena stoke.Menurut sebuah studi yang dilakukan pada sekitar 83.000 wanita diseluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir resiko terkena penyakit stroke hingga 19% hanya dengan mengkonsumsi 2-3 cangkir dalam setiap harinya.
E.Minum kopi dapat melindungi hati dari Sirosis
Kopi juga mampu melindungi organ tubuh (hati) dari serangan sirosis, terutama serangan penyakit sirosis yang diakibatkan oleh kecanduan minuman keras.

Mengenai manfaat kopi untuk kesehatan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat kopi untuk kesehatan lainnya adapun jika diringkas manfaat kopi adalah sebagai berikut:
* Mencegah kanker
* Mencegah serangan jantung
* Mencegah stroke
* Mencegah diabetes tipe II
* Meningkatkan system imun tubuh
* Mencegah seseorang terkena sirosis
* Mengobati batu ginjal

Efek Samping Minum Kopi
Setelah mengetahui manfaanya, tak afdol rasanya jika tidak mengetahui efek samping dari minum kopi yang tak terkontrol (berlebihan). Adapun efek negatif minum kopi yang tak terkontrol adalah sebagai berikut:
A.Kafein
Salah satu kandungan yang terdapat pada kopi adalah kafein, kafein sendiri bisa berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung dan memicu meningkatnya tekanan darah.
B.Gangguan pada gigi
Dengan minum Kopi dapat menyebabkan gigi seseorang berlubang, dan menimbulkan karang gigi menjadi kuning.
C.Peningkatan Asam Lambung
Jika mengkonsumsi kopi dengan Dosis yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan seseorang terkena kegelisahan. Selain meningkatkan kegelisahan, kadar keasaman kopi dapat mempengaruhi D.Peningkatan Asam Lambung
Dan khusus untuk ibu yang sedang mengandung usahakan hindari kopi agar lebih aman untuk janinnya, walaupun belum ada keterangan yang mengususkan namun lebih baik menghindarinya.
E.Menyebabkan insomia atau penyakit susah tidur

Semoga bermanfaat untuk kita semua...dan mari kita selalu bijak mengkonsumsi kopi untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar