Kamis, 15 Mei 2014

Kisah Tentang Dewa Siwa


Siwa dalam mitologi Hindu dikenal sebagai dewa tertinggi dan banyak pemujanya. Mitos Siwa dapat dijumpai dalam beberapa kitab suci agama Hindu, yakni kitab-kitab Brāhmana, Mahābhārata, Purāna, dan
Āgama.Dalam kitab Hindu tertua, Weda Samhita, walaupun nama Siwa sendiri tidak pernah dicantumkan, tetapi sebenarnya benih-benih perwujudan tokoh Siwa itu sendiri telah ada, yaitu Rudra.


Kelahiran Rudra


Kitab Satapatha-Brāhmana menceritakan tentang kelahiran Rudra. Diceritakan bahwa ada seorang kepala keluarga bernama Prajapati yang memiliki seorang anak laki-laki. Sejak lahir, anak itu menangis terus, dia merasa tidak terlepaskan dari keburukan karena tidak diberi nama oleh ayahnya. Kemudian Prajapati memberinya nama Rudra, yang berasal dari akar kata rud yang artinya menangis.

Kisah kelahiran Rudra ini bisa dijumpai pula dalam kitab-kitab Weda Samhita dan kitab Wişņu-Purāna. Tersebutlah Brahmā sedang marah kepada anak-anaknya yang diciptakannya pertama kali, yang tidak menghargai arti penciptaan dunia bagi semua makhluk. Akibat kemarahannya itu tiba-tiba dari kening Brahma muncul seorang anak yang bersinar seperti matahari. Anak yang baru “lahir” itu diberi nama Rudra. Dari tubuhnya yang setengah laki-laki dan setengah perempuan itu “lahir” anak berjumlah sebelas orang. Badan Rudra yang berjumlah sebelas itu, menurut kitab Wişņu-Purāna merupakan asal mula Ekadasa Rudra.

Riwayat kelahiran Rudra menurut Mārkandeya Purāna disebabkan oleh keinginan Brahmā untuk mempunyai anak yang menyerupai dirinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, Brahmā pergi bertapa. Tengah bertapa, tiba-tiba muncul seorang anak laki-laki berkulit merah kebiru-biruan menangis di pangkuannya. Ketika ditanya mengapa, anak itu menjawab bahwa ia menangis karena minta nama. Brahmā memberinya nama Rudra. Namun, ia tetap menangis dan meminta nama lagi. Itu dilakukannya hingga tujuh kali, sehingga Brahmā memberi tujuh nama, masing-masing Bhawa, Sarwa, Isāna, Pasupati, Bhîma, Ugra, dan Mahādewa, di samping Rudra. Kedelapan nama itu adalah nama-nama aspek Çiwa dalam kelompok Murtyastaka. Kisah yang sama terdapat dalam Wisnu-Purāna.



Siwa Mahādewa



Dalam kitab Mahābhārata, Siwa lebih sering disebut sebagai Mahādewa, yaitu dewa tertinggi di antara para dewa. Kitab itu juga menjelaskan asal mula Siwa mendapatkan sebutan demikian. Pada suatu waktu, para dewa menyuruh Siwa membinasakan makhluk-makhluk jahat yang tinggal di Tripura. Untuk menghadapi makhluk-makhluk itu, Siwa diberi setengah kekuatan dari masing-masing dewa, dan setelah dapat memusnahkan makhluk-makhluk itu, Siwa dianggap sebagai dewa tertinggi.

Pertama kalinya Çiwa atau Rudra disebut Mahadewa terdapat dalam Yajur-Weda putih. Dalam Mahābhārata bagian Bhismaparwa, Siwa yang digambarkan berada di Gunung Meru, dikelilingi Umā beserta pengikutnya itu disebut Pasupati (sloka 219b).

Sementara, sebutan Maheswara ada dalam kitab Mahabharata sloka 222a. Sebutan lain untuk Çiwa adalah Trinetra, yang artinya bermata tiga. Sebutan ini didapatkan Çiwa ketika dari keningnya “muncul” mata ketiga untuk “mengembalikan” keadaan dunia seperti keadaan semula, yang “terganggu” karena kedua matanya tertutup oleh kedua tangan Parwati, yang ketika itu asyik bercengkerama dengan Çiwa. Untuk mengembalikan keadaan dunia, Çiwa menciptakan mata ketiga pada keningnya.


Siwa Trinetra


Uraian tentang Siwa Trinetra juga dijumpai dalam kitab Mahābhārata. Kitab Linga-Purana menjelaskan timbulnya mata ketiga Siwa. Sati, anak Daksa istri pertama Siwa bunuh diri dengan cara terjun ke dalam api karena ayahnya, Daksa tidak menghiraukan Ciwa, suaminya. Karena peristiwa itu, Siwa pergi bertapa di atas Gunung Himalaya. Parvati, anak Himawan yang jatuh cinta kepada Siwa sebenarnya adalah Sati “yang lahir kembali”.

Sementara itu, makhluk jahat asura Tataka mulai mengganggu para dewa. Menurut ramalan, yang dapat membinasakan makhluk jahat itu hanyalah anak Çiwa. Dalam kebingungan, para dewa memutuskan untuk “membangunkan” Çiwa. Mereka sepakat meminta pertolongan Dewa Kāma. Dengan upayanya, berangkatlah para dewa disertai Parwati ke tempat Çiwa bertapa. Karena keampuhan panah Dewa Kāma, Çiwa “terbangun”. Çiwa yang sedikit terusik oleh perbuatan Kama membuka mata ketiganya yang menyemburkan api. Api itu membakar Kāma hingga menjadi abu. Pada saat yang bersamaan karena keampuhan panah Kāma, Çiwa “jatuh cinta” pada Parwati.

Rati, istri Dewa Kāma yang mendengar kematian suaminya datang menghadap Çiwa dan mohon untuk menghidupkan kembali Kāma. Untuk menghibur rati, Çiwa berjanji bahwa Kāma kelak akan lahir kembali sebagai Pradhyumna. Kisahnya diakhiri dengan pernikahan Çiwa dan Parwati, serta kelahiran Kumara /Kartikeya atau Subrahmanya yang dapat membunuh Tataka /Tarkasura.


Siwa Nilakantha

Çiwa disebut juga Nilakantha karena mempunyai leher yang berwarna biru. Diceritakan pada waktu diadakan pengadukan lautan susu untuk mendapatkan amrta, turut keluar racun yang dapat membinasakan para dewa. Untuk menyelamatkan para dewa, Çiwa meminum racun itu. Parwati yang khawatir suaminya binasa, menekan leher Çiwa agar racun tidak menjalar ke bawah. Akibatnya racun itu terhenti di tenggorokan dan meninggalkan warna biru pada kulit lehernya. Sejak itulah Çiwa mendapatkan sebutan baru, Nilakantha.


Asal Mula Atribut Siwa

Kitab Suprabhedagama menguraikan mengapa Siwa mengenakan pakaian kulit harimau, hiasan berupa ular, kijang, dan parasu, serta memakai hiasan bulan sabit, dan tengkorak pada mahkotanya. Pada suatu waktu, Siwa pergi ke hutan dengan menyamar sebagai pengemis. Istri para pendeta yang kebetulan melihatnya jatuh cinta, sehingga para pendeta marah. Dengan kekuatan magisnya mereka menciptakan seekor harimau yang diperintahkan untuk menyerang Siwa, tapi dapat dibinasakan dan kulitnya dipakai Siwa sebagai pakaiannya. Melihat Siwa bisa mengalahkan harimau ciptaannya, mereka makin marah dan menciptakan seekor ular. Ular itu dapat ditangkap Siwa dan dibuat perhiasan. Setelah kedua usaha itu gagal, mereka menciptakan kijang dan parasu, tapi kali inipun Çiwa dapat melumpuhkan serangan para pendeta itu. Sejak kejadian itu, kijang dan parasu menjadi dua di antara laksana (atribut) Ciwa.

Kitab Kurma Purana menjelaskan asal mula Çiwa mendapat julukan Gajasura-samharamurti. Dikisahkan beberapa orang pendeta sedang bertapa diganggu makhluk jahat yang menjelma sebagai gajah. Çiwa yang dimintai pertolongannya dapat membunuh gajah jelmaan itu. Çiwa yang mengenakan pakaian kulit gajah yang dibunuhnya lalau dikenal sebagai Gajasurasamharamurti.

Kitab Kamikagama mengungkapkan mengapa dalam pengarcaannya, Çiwa mengenakan hiasan bulan sabit pada jatāmakutanya (mahkota). Datohan, salah seorang putra Brahmā, menikahkan keduapuluh tujuh (=konstelasi bintang) anak perempuannya pada Santiran, Dewa Bulan. Dia minta agar menantunya memperlakukan semua istrinya sama dan mencintainya tanpa membeda-bedakan. Selama beberapa waktu, Santiran hidup bahagia bersama istri-istrinya, tanpa membeda-bedakan mereka. Dua di antara seluruh istrinya, Kartikai dan Rogini adalah yang tercantik. Lama-kelamaan, tanpa disadarinya, Santiran lebih memperhatikan keduanya dan mengabaikan istri-istrinya yang lain. Merasa tidak diperhatikan, mereka mengadu pada ayah mereka. Datohan mencoba menasihati menantunya agar mengubah sikap, tapi tidak berhasil. Setelah berunlangkali Santiran diingatkan dan tidak mengindahkan, Datohan menjadi marah dan mengutuh menantunya; keenam belas bagian tubuhnya akan hilang satu per satu sampai akhirnya dia akan hilang, mati. Ketika bagian tubuhnya tinggal seperenam belas bagian, Santiran menjadi panik dan pergi minta tolong dan perlindungan Intiran. Intiran tidak dapat menolong. Dalam keadaan putus asa, dia menghadap dewa Brahmā yang menasihatinya agar pergi menghadap Çiwa. Santiran langsung menuju Gunung Kailasa dan mengadakan pemujaan untuk Çiwa. Çiwa yang berbelas kasihan kemudian mengambil bagian tubuh Santiran itu dan diletakkan di dalam rambutnya sambil berkata, “Jangan khawatir, Anda akan mendapatkan kembali bagian-bagian tubuh Anda. Namun, itu akan kembali hilang satu per satu. Perubahan itu akan berlangsung terus.” Demikianlah dalam pengarcaannya rambut Çiwa dihiasi bagian tubuh Santiran yang berbentuk bulan sabit di samping tengkorak (ardhacanrakapala). Selain mata ketiga dan hiasan candrakapala, Çiwa juga dikenal mempunyai kendaraan banteng atau sapi jantan.



Sapi Jantan Wahana Dewa Siwa


Kitab Mahābhārata menguraikan asal mula sapi jantan atau banteng menjadi kendaraan Çiwa dalam dua versi. Versi pertama, Bhisma menjelaskan kepada Yudistira mengenai asal mula sapi jantan menjadi wahana Çiwa. Daksa, atas perintah ayahnya, yakni Brahmā, menciptakan sapi. Çiwa yang sedang bertapa di dunia terkena susu yang tumpah dari mulut anak sapi yang sedang menyusu pada induknya. Untuk menjaga agar Çiwa tidak marah, Dakasa menghadiahkan seekor sapi jantan pada Çiwa. Çiwa sangat senang menerima pemberian itu dan dijadikannya kendaraan.


Versi kedua, mirip cerita di atas, hanya peran Daksa dipegang oleh Brahmā. Di sini Çiwa menjawab pertanyaan Uma mengapa kendaraan Çiwa itu adalah banteng dan bukan binatang lain. Dikisahkan pada waktu penciptaan pertama, semua sapi berwarna putih dan sangat kuat. Mereka berjalan-jalan penuh kesombongan. Tersebutlah Çiwa sedang bertapa di Pegunungan Himalaya dengan cara berdiri di atas satu kaki dengan lengan diangkat. Sapi-sapi yang sombong itu berjalan bergerombol di sekeliling Çiwa, sehingga ia kehilangan keseimbangan. Atas kejadian itu, Çiwa sangat marah dan dengan mata ketiganya ia membakar sapi-sapi yang sombong itu, sehingga warna mereka berubah hitam. Itulah sebabnya ada sapi berwarna hitam. Banteng yang melihat kejadian itu mencoba melerai dan meredakan amarah Çiwa. Sejak itu banteng menjadi kendaraan Çiwa. Sapi-sapi yang melihat dan mengakui kehebatan dan kesaktian Çiwa sangat kagum dan mengangkatnya sebagai pemimpin, serat memberi julukan Gopari pada Çiwa.


Berbagai sumber

154 komentar:

  1. Wah,critany byk versinya ya,jd yg mana yg bnr ya,atas sesungguhnya crita dew shiwa ya?????bingung.com,zaman dahulu kala,sakti2 bnr mahluk yg d ciptakan maha pencipta yg Esa ya,sprt sebutan para dewa,dan dewi

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kalau bukan pemeluk hindu, lebih baik GA usah di bahas, pasti akan tetap bingung, lebih baik mengurus agama masing2 Karna itu jauh lebih baik, dari pada mengurusi agama orang lain, takutnya malah jadi masalah

      Hapus
    2. gak papalah itu sebenaarnya bukan mengurusi kan hanya buat pengetahuan aja untuk orang yg awam tentang hindu supaya gak salah prresepsi

      Hapus
  3. Klo jd film bagus. Versi mnurut penulis naskah yg sy tanyakan trimurti anak gayatri bapaknya siapa. Sy yakin tidak ada nama visnu syiva ato brahma di veda. Kalo visnu yash n brahmana memang tersebut diveda. Hayo sy ingin hindus yg menjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ulang pertanyaannya. kalimat pertanyaan diatas tdk bisa saya mengerti.

      Hapus
    2. mas trimurti adalah tiga sifat ida sanghiang widhi !! yang bermanifestasi sebagai brahma wisnu siwa yaitu pencipta ,pemeliahara dan pe musnah , jadi trimurti adalah purusha /satu yaitu ida sanghiang widhi wase . jadi tidak dilahirkan tidak hidup dan tidak mati ,,, sama seperti tuhan anda apakah ada bapak nya???

      maaf kalau saya ada salah tp ini fersi saya kalau mau bisa di tambah

      Hapus
    3. Tidak lahir,tidak hidup,tidak mati.. Kurang 1 mbak (tidak ada)

      Hapus
  4. yah gak usah bingung itu cerita kan berdasarkan pengalaman siwa dlm melanglang buana/pertapaan, dan tia tempat ada sebutan amsing2, dan mereka jg mungkin nggak tau kl tokoh itu mmg aslinya dewa siwa mknya muncul sebutan yg berbeda2

    BalasHapus
  5. coba kalo bahasanya lebih dilugas-kan lagi. pasti pada mengerti. saya mau tanya, siapa istri dewa siwa yang pertama daksa atau sati?kalau daksa istri pertama dewa wisnu, berarti sati anak dewa siwa. sati sebenarnya kembar, kembaranya bernama parvati. parvati jatuh cinta dengan dewa siwa kmudian menikah. berarti dewa siwacmenikah dengan anaknya sendiri. maaf saya sedang ruming membaca ulasan diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istri dewa siwa yg pertama ialah sati. Daksa ialah ayah sati. Dan parwati ialah reinkarnasi dari sati. Saya harap anda bisa mengerti.

      Hapus
    2. Istri dewa siwa yg pertama ialah sati. Daksa ialah ayah sati. Dan parwati ialah reinkarnasi dari sati. Saya harap anda bisa mengerti.

      Hapus
  6. katanya , dalam hindu wisnu adalah yang kuasa , tapi ini kok malah siwa dewa tertinggi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kynya bacanya blm diulang deh, jgn baca cm dr 1 sumber aja, kl pengen nambah pengetahuan musti baca dr berbagia sumber, cb ke wikipedia, ntar jg bisa jawab sendiri pertanyaanya.

      Hapus
    2. Dalam Hindu ada ungkapan tritunggal, artinya, mereka tiga tapi intinya satu, wisnu adalah siwa, wisnu adalah brama, brama adalah wisnu brama adalah siwa, siwa adalah wisnu, siwa adalah brama, kalau bukan pemeluk nya pasti tidak akan mengerti, Karna agama hanya di mengerti oleh pemeluknya, Sama seperti di Kristen ada istilah trinitas tiga Dalam satu, pabak,putra, roh Kudus, intinya jangan pusing dengan agama orang lain, kalau di jadiin film ya tinggal di nikmati aja

      Hapus
  7. versinya memang ada yg berbeda dg yang di film mahadewa ANTV .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap juga cerita dewa(Tuhan dalam umat Hindu) bsa beda2 versinya....:V

      Hapus
  8. paling kuasa ya Allah SWT lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa tujuan Tuhan menciptakan bumi beserta isinya ini?
      apakah hanya untuk kesenangan aja?

      Hapus
    2. @eko sanjaya Allah menciptakan bumi beserta isinya untuk manusia sebagai khalifah(pemimpin) di muka bumi ini. Yaitu merawat bumi ini dsb

      Hapus
  9. paling kuasa ya Allah SWT lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. seberapa jauh agus haryanto mengenal Tuhan?

      Hapus
    2. Iya lah bnr yg paling kuasa allah swt yg mnciptakan smuanya alam semesta dewa dewi ga bakalan ada tanpa cipta.n allah swt

      Hapus
    3. Anda tau ga? Kalau dajjal (bayi mata tiga) adalah dewa siwa yg lahir ke bumi dan membuka mata ketiga (amarahnya) dan ketika siwa membuka mata ketiganya,itu artinya siwa ingin dunia kembali seperti awal. sepertiyg dituliskan diatas

      Hapus
    4. @lisna asdaa dajjal versi mana yang bermata tiga? Orang dajjal matanya dua tapi salah satunya cacat dan di keningnya ada tulisan "kafaro" atau kafir.

      Hapus
    5. Segala sesuatu itu tergantung pada pengamatan masing masing, TDK perlihatkan kita menilai agama lain, jika kita harus saling mengatakan untuk agama, itu bukan hak nya kita karena dari kita belum ada agama itu sudah muncul berbagai ragam, berpikir lah positif untuk saling menghargai, kasih lah dengan seksama, karena kita d ciptakan dengan kasih oleh sang pencipta

      Hapus
    6. Cobalah Nyanyian alam yaitu Judul lagunya PELANGI,dalam lirik lagubya siapa yg menciptakan ? Allah.kah atau Dewa (Brahma,Wisnu,Ciwa).kah ?

      Hapus
    7. Yang menciptakan PELANGI sesuai dg lirik lagunya adalah Tuhan, bukan Dewa,bukan Allah,bukan Roh Kudus. Di lirik lagu sdh jelas disebutkan Tuhan, smua orang yg berakhlak baik tidak asing dg sebutan Tuhan

      Hapus
  10. ceritanya mantap nambah pengetahuan...

    BalasHapus
  11. Bagus skali ceritanya,lumayan buat nambah wawasan..

    BalasHapus
  12. Aku suka krakter siwa yg kulihat d tv. Tdk membedakan dewa/manusia/iblis. Tdk basa-basi dgn ritual, krn ktika yg dilakukan adlh prwujudan KEBAIKAN maka ritual tdk diperlukan lg. Salut dgn agama brwawasan seluas ini, dan aku yakin stiap agama jg pnya tingkatan/tahapan smpai ksini. Sbab jika yg kita pikirkan ttg agama hnya masalah pahala/dosa/karma maka sbenarnya kita sdang ber-BISNIS dgn Nya. Aku bukan Hindus/Buddhis/Yahudi/Nasrani/Muslim/dll. Agamaku SEDERHANA, Penciptaku ada dlm diriku d stiap sel/molekul/atom2 pnyusun tubuh ini. Kitabku Cinta Kasih Sayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau salah tri handono.. jika kau berkata dirimulah agamamu.. di setiap sel,molekul,atom"dll hingga berbentuk manusia... tpi kau lupa akan jiwa... kita bulanlah bentuk.. bukanlah jazad.. bukan raga.. bukan juga yang berbentuk tapi kta ini adalah jiwa yang diciptakan oleh sang pemberi kehidupan jauh tinggkatan yg tek tertandingi dari seluruh apa yang DIA ciptakan .. semua mutlak patuh padaNYA .. DIA lah Yang Sebenarnya DIA Esa DIA Tak beranak dan tak diperanakan.. Dia Ada Dia Nyata... Dia yang menciptakan Seluruh Alam semesta ini bukan hanya bumi... bukan juga langit.. galaxy.. tapi jagad raya bahkan lebih dari itu.. DIA Lah Segalanya.. Dia Bukan Manusia.. dia Tak Terfikir bentuknya Dia Tak Terlihat ... Tapi Dia Ada..
      DIA Lah Tuhan Yang Maha Esa...!

      Jika kau tak beragama... kau mengaku bahwa dirimulah agamamu.. berkata hanya BERBISNIS (tentang Agama)

      Mudah tuk menjawab semua kesalahan itu..
      Kau Percaya Tentang Makhluk Halus.. Setan,hantu, iblis, jin.. dll..
      Mereka tak terlihat tapi mereka ada dan mereka nyata.. jikalau mereka pun ada bagaimana dengan Tuhan yang menciptakan mereka..
      Yg berbeda hanyalah jika setan dapat dilihat oleh manusia karna memiliki kelebihan indra ke 6 tapi dgn cara apapun kita tak dpt melihat Tuhan Sebelum Jiwa kita terlepas dengan raga kita.. jika kau tak percaya akan adanya Tuhan maka renungkanlah siapa dirimu dan mengapa kau ada dan hidup di sini.. lalu cri tau lah kau dan rasakan makhluk halus di tempat yg sunyi tanpa seorangpun..
      Maka kau kan teringat oleh Tuhan Karna Hanya DiA lah yg dpt menjagamu dari gangguan Jin Setan Dan Iblis.

      Hapus
    2. he..he.. BRO, ga ush pake pakaian, yg bukan pakaianmu, lbh2 yg blm pantas km pake, ntar di ketawain org, krn kliatan culun, dr bhs km udh kliatan sok, "Aku bukan Hindus/Buddhis/Yahudi/Nasrani/Muslim/dll. Agamaku SEDERHANA, Penciptaku ada dlm diriku d stiap sel/molekul/atom2 pnyusun tubuh ini. Kitabku Cinta Kasih Sayang" Syeh Khalaj, ato syeh ABdl Qdir, ato syeh Ibnu Ato'ilah, ato syeh jalaludin Rumi, itu bhs AKU bukan aku pribadi mrk, mlainkan AKU ANA AL HAQ, tp krn mrk jadzab jd dr lisan nya lah menyampaikan ke AGUNGAN AKU

      Hapus
    3. sama brooow bahasa anda juga bikin saya ketawa

      Hapus
    4. Dalam veda pertama di nyatakan bahwa yg maha kuasa gak ada wujudnya dan bentuk nya. "NA TASHA PRATIMA ASTI" bgiNya tidak ada PRATIMA nya atau bentuk nya.
      Tuhan itu gak ada bentuk gak terjamah oleh akal. Tetapi apa yg di ajarkan orng2 suci di India kuno malah di campur ilmu akli dlm mencri tuhan. Krena dalam pemujaan -kata krishna- akan lebih baik memuja yg terlihat dri pada yg tidak terlihat. Maka hal ini bertentangan dalam veda pertama

      Hapus
    5. Iya mas aku juga setuju, Aku meyakini kalo makan itu merupakan perwujudan kebaikan (kenyang)jadi saya gak lakuin ritual makan mas.. Saya sudah kenyang liat makanan aja.. Mas nya mau gak kerja di tempat saya sebulan tapi gak di bayar.. Kalo mas gak mau, tolong cariin saya orang yang kerja tapi gak mau dibayar ya mas.. Di dunia ini ada gak mas orang yang pandai tanpa belajar, orang yang sehat tanpa olah raga.. Orang yang ingin sampai tujuan harus berjalan mas.. Orang yang sampai surga berjalan di atas kebaikan begitupun sebaliknya orang yang berjalan diatas keburukan ia akan sampai pada neraka.. Pahala dan dosa wujud dari maha adil Tuhan..

      Hapus
  13. gg ush bingung, buku sejarah aj bs rancu,,,yg pnting kt bs petik nilai positif nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Skali, saya setuju dengan pendapat ini, pemahaman saya ya ambil contoh Hindu, itu ada yg disebut dg Karma (Baik & Buruk) Karma itu diyakini ada dan kapan akan diterima tdk yg bisa jawab (saat msh hidup, saat mati atau stelah kematian, itu pasti) stlh kematian akan lahir kembali dgn ciri lahir kembali bisa diktahui dari Tabiat anak yg dilahirkan umumnya kelahiran itu ada hub kekeluargaan bukan dari keluarga lain, itu yg saya pahami.

      Hapus
  14. saya agama hindu dan saya bangga akan itu jika ada dari kalian menyebut kepercayaan kalian lebih dan lebih ,, maka kalian termasuk orang yang sombong !! apakah tuhan anda menyayangi orang sombong ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. TUHAN kami melarang semua mahkluk utk sombong. Karena yang boleh sombong cuma Dia yg menciptakan langit dan bumi beserta isinya.

      Hapus
  15. hus! ga usah ribut, jalanin aja apa yang kalian yakini dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sbg Ilustrasi saja orang yg dari Jakarta mau Liburan ke Bali tidak ada keharusan utk sampai di Bali dg Pesawat, tetapi itu tergantung orangnya, bisa naik pesawat, naik kapal atau bawa mobil sendiri, semua itu punya tujuan yg sama yaitu sampai ke tujuan akhir (Bali), begitu jg hubungannya dg Sang Pencipta, bukan hanya milik si Anak, di B kalau dikatakan milik, Tuhan itu milik semua orang, kalau bukan milik memang seperti itu karena tidak ada satu orangpun yg bisa menunjukkan Tuhan miliknya kena blm pernah ada, saya berpendapat semua orang memahami bahwa Tuhan itu ada dan bukan milik seorang.

      Hapus
  16. I like stories Hindus.. Meskipun saya bukan penganut hindu

    BalasHapus
  17. I like stories Hindus.. Meskipun saya bukan penganut hindu

    BalasHapus
  18. I like stories Hindus.. Meskipun saya bukan penganut hindu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bang. Semua agama benar untuk penganutnya. Intinya beragama itu menjadi orang baik dalam hidupnya...

      Hapus
  19. I like stories Hindus.. Meskipun saya bukan penganut hindu

    BalasHapus
  20. Allah swt dialah tuhan yang maha esa ,
    Kenapa tuhan kalian persingan (memakai anting) mana ada tuhan bisa digambar , dibentuk coba pikir make otak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beliau menginginkannya kenapa ngak

      Hapus
    2. Eko sanjaya sya mau nanya apakah nabi anda pernah melihat alah ??? Kenapa anda dan umat muslim sujud di mekah apakah rumah tuhan anda ada di mekah ?? Coba jawab seberapa besar kah iq anda tlg beri saya jawaban yang masuk akal

      Hapus
    3. Sodara dikaadi putra saya jawab ya?? Ka'bah itu pemersatu umat muslim.. Kita sujud menghadap 1 arah yaitu ka'bah sebagai kiblatnya... ALLAH Maha Besar.

      Hapus
    4. dewa yg memiliki bentuk saja masih di lupakan oleh umatnya .apa lagi tuhan kamu yg tidak berwujud .semua agama mengajarkan yg terbaik , tidak ada yg mengajarkan mencuri dan sebagainya.jadi buat kamu saudara rizky greenvil , tolong jangan hina agama lain . jalankan saja agama kamu sendiri .

      Hapus
    5. sudah jangan ribut...ini yang benar jawabannya biar besok bisa kerja cari nafkah. Jangan perdebatkan Tuhan itu punya bapak atau tidak, kalopun Tuhan punya bapak atwpun tuhan gak punya bapak, atw mungkin Tuhan cuman punya nenek...lantas apakah smua itu akan merubah keyakinan kita untuk berbuat baik pada semua makhluk?????????????? renungkanlah!!!

      Hapus
    6. Anda tau ga? Kalau dajjal (bayi mata tiga) adalah dewa siwa yg lahir ke bumi dan membuka mata ketiga (amarahnya) dan ketika siwa membuka mata ketiganya,itu artinya siwa ingin dunia kembali seperti awal. sepertiyg dituliskan diatas

      Hapus
  21. Gausah debat yagak yg penting kita liat aja di hari perhitungan (hari akhir) nah yg nganut agamanya masing2 nanti tau mana agama yg benar oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok tau aja (mengapa islam menyebut Tuhan itu dengan sebutan Allah?) dan apa tujuan kita dilahirkan kedunia ini oleh Tuhan ? dan mengapa Tuhan Masih melimpahkan berbagai Anugrahnya Kepada Umat yang bukan muslim)jika Tuhan menginginkan semua umatnya memeluk agama Islam Mengapa masih juga mengijinkan seorang anak lahir dari rahim perempuan non muslim?
      agama itu semuanya benar! cuman pemeluknya aja yang banyak ngak bener (berlebihan)

      Hapus
    2. Jika ingin tau soal islam bacalah kitab sucinya (al quran) mungkin akn mbjeab pertanyaan sodarara di atas. Jika ingin menilai satu agama liat juga kitab sucinya bukan pemeluk agamany.

      Hapus
    3. Ace...malas gua baca al quran...apa sebabnya...krna tidak lengkap..banyak pasal yg tidak diceritakan disana...wlpun aku bca..aja yg benjabarkan kebenaran siva dsana.

      Hapus
    4. jangan perdebatkan Tuhan itu punya bapak atau tidak, kalopun Tuhan punya bapak atwpun tuhan gak punya bapak, atw mungkin Tuhan cuman punya nenek...lantas apakah smua itu akan merubah keyakinan kita untuk berbuat baik pada semua makhluk?????????????? renungkanlah!!!

      Hapus
    5. Inginku jawab pertanyaan kalian. Yo yang agama hindu mau debat dengan agam islam silakan add FB : michael slr

      Hapus
    6. Rajuna Wixz coba sebutkan surah apa dan ayat berapa dalam Al Qur'an menjabarkan tentang siwa ?

      Hapus
  22. kami menggambarkan tuhan memakai anting , atribut dan sebagainya adalah bentuk kecintaan kami dalam meyakini Kemahakuasaannya. Jadi semua pemeluk memiliki hak untuk meyakini agama masing-masing. Semua agama mengajarkan kebenaran , tergantung orang yang melaksanakan dan mengamalkan ajarannya. Thanks.

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. Komentar paling.top ini menyelesaikan masalah dengan masalah

      Hapus
  24. Semua agama peace brow kedepankan kerukunan umat beragama..damai itu lebih indah..

    BalasHapus
  25. Sy setuju dng komentar anda kita hidup di indonesia yg berdasarkan panca sila hrs hidup rukun bersatu dan jng saling menjelekan..sebab akan merusak persatuan bangsa yg dng susah payah dibangun oleh pendiri pendiri bangsa..klo ngak mau rukun satu sama lain saling menjelekan..sebaiknya ngak usah hidup di indonesia..bangsa dan negara butuh orang yg berjiwa nasional..mau menjaga persatuan dan kesatuan..bukan orang yg hanya pandai membagakan agama..demikelangsungan negara ..persatuan dan kesatuan di atas segala galanya

    BalasHapus
  26. Tisp orang punya pndngan dan agama. Tiap agma punya kprcyaan masing2. Jika berpikir pling bnar mka lbh baik bljr lgi. Gading mn yg tk retak? Baik bnar sesuai asumsi dan persepsi tiap orang jd buka mta.. telinga dan hti. Jngn hnya buka hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bngt itu ketut sumida...saya nambahkn dikit...jangn bilang diri beragama klo blm bsa menghargai orang lain..apakah diagama klian masing2 nggk diajarkn untuk menghargai

      Hapus
    2. Bener bngt itu ketut sumida...saya nambahkn dikit...jangn bilang diri beragama klo blm bsa menghargai orang lain..apakah diagama klian masing2 nggk diajarkn untuk menghargai

      Hapus
  27. To fahrul aryfianto: memang benar, tuhan hindu adalah Shri Vishnu itu dijelaskan salah satunya dlm Pancama Veda/Bhagavadvita bahwa Tuhan sendiri akan turun kedunia ketika orang-orang baik/bhakta2 tuhan berada dalam kesulitan dimana kejahatan lebih berkuasa mk Tuhan akn turun dalam bentuk awatara (ada 10 awatara Shri vishnu yg paling terkenal)salah satunya ketika Tuhan turun kedua dalam perwujudan sbg Krishna, dalam perang bhratayuda ketika arjuna bingung dengan kewajibannya sbg ksatria utk melawan saudara2nya dlm kurusetra Krishna menjelaskan ajaran dharma dan kebenaran yg sesunggahnya bahwa Khrishna sendiri adlh brhma,vishnu,shiwa,ganesh,saraswati,durga,laksmi,parvati,yamadipati dan slrh dewa dengan wajah sangat banyak dalam satu badan utk menjelaskan pd arjuna bhwa Shri vishnu sedang mengambil wujud sbg khrishna mjd penasehat spiritual arjuna dlm perang tsb dan mnjlskn arjuna berada dipihak yg benar utk melwan kejahatan(duryodana).Dalam bhagavadgita jg dijelaskan bahwa Tuhan hanya satu tetapi orang bijaksana menyebut dg banyak nama,maksudnya adalah banyak nama itu sesuai manifestasi tuhan sbg dewa dg fungsi yg berb eda2.Sedangkan dewa shiva disebut dewa tertinggi bergelar mahadewa memang benar dan sdh dijelaskan dlm tulisan diats dan film mahadewa.Tuhan itu ibarat presiden dan dewa adalh mentri2nya begitu kompleks dan sempurna hindu itu,jadi Tuhan sendiri adlh Shri Vishnu yg bermanifestasi dlm bentuk berbagai dewa utk mlkkn fungsinya msg2 salah satunya Shri visnu mengambil manifestasi sbg dewa vishnu untuk memelihara alam semesta bserta isinya dan deva shiva sbg pelebur alam semesta,sementara wujud tuhan sendiri itu /shri vishnu tidak dapat dibayangkan olh manusia karena manusia memiliki bnyak keterbatsan,tetapi dlm bentuk deva manusia dibantu utk memudahkan memahami tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam Islam nama Tuhan adalah Allah dan Allah memiliki 99 nama yg terbaik (asmaul husna). Salah satu nama itu adalah Maha pencipta/Alkhalid. Kamu menyebutnya Brahma yg menciptakan Alam semesta. dan nama lain Tuhan di berikan utk menamai semua malaikat. Jibril artinya Tuhan yg melindungi. Mikail artinya Tuhan yg berkuasa. Rafail artinya Tuhan yg menyembuhkan. Nm malaikat yg diutus ini adalah nama yg diberikan Allah agar manausia mengingat dia.

      Hapus
    2. kok malaikat di jadikan Tuhan ???
      piye toh mas

      Hapus
  28. Agama adalh Pegangan Hidup,hidup beretika,toleransi,dan menghormati sesama hidup di dunia ini,klo mauu bagus2an ttg kepercayaan/agama jawabannya adalah sederhan,Agama manaa umatnya paling cinta damai&kasih tdk berbuat anarkis dlm sgla hal,maka sdh tentu Jawabnya Itulah sesungguhnya Agama Terbaik dimuka Bumi ini,klo yaang suka ribut2 sih namanya baru belajar alias tdk mengenal jati diri sebagai seorang Agamis dan bs dikatakan lgu Ike Nurjanah Munafik namanya..Maaf sebaiknya kt koreksi dahulu diri kta sendiri sblm menilai org lain,sperti ituu kira2 para sdraku tercinta

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Teman2 ku semua nya jgn berdebat masalah agama gak ada habis2 nya yg ada kt jd permusuhan gak baik buat kt semua kita jalanin aja ke yakinan kt masing2 dan saling menghargai nya apa pun agama kt yg pinting berdoa dan berbuat baik sebisa kt jgn berdebat kt semua umat tuhan amiiiin tuhan bersama kt semua hale yulu amin

    BalasHapus
  31. Berarti kalo Siwa itu Tuhan . maka Tuhan itu bentuknya manusia ya

    BalasHapus
  32. PADA BAWEL BANGET SEMUA KEYAKINAN TUH SAMA

    BalasHapus
  33. orang orang tdk punya gawe. agama kok di perdebatkan...otaknya di kuasai ego....akhirnya bodo

    BalasHapus
  34. Intinya Mari jangan perdebatkan Agama. apapun versinya kita tetap satu Indonesia, biarlah cerita agama tetap menjadi ceritanya masing2 seperti apa adanya, dan yang perlu dipikirkan bangsa ini apakah sudah lbih baik dengan manusianya yang katanya Taat beragama????? kalau tambah hancur kita harus introspeksi diri ada apa dengan manusianya??? bukan ada apa dengan agamanya, karna kita smua setuju kalo agama smuanya mengajarkan kebaikan...asal tidak diplesetkan saja artinya!! Hindu agama cinta damai.

    BalasHapus
  35. jangan perdebatkan Tuhan itu punya bapak atau tidak, kalopun Tuhan punya bapak atwpun tuhan gak punya bapak, atw mungkin Tuhan cuman punya nenek...lantas apakah smua itu akan merubah keyakinan kita untuk berbuat baik pada semua makhluk?????????????? renungkanlah!!!

    BalasHapus
  36. Ajarannya terlalu palsu , masa tuhan pake anting , dan masa tuhan punya anak :v kan aneh , dan masa tuhan menikahi ciptaannya [katanya ]ini smua palsu .

    BalasHapus
  37. Ajarannya terlalu palsu , masa tuhan pake anting , dan masa tuhan punya anak :v kan aneh , dan masa tuhan menikahi ciptaannya [katanya ]ini smua palsu .

    BalasHapus
  38. Hindu ama budha tuh 1 jalan gk sih , dan 1 pertanyaan saya tentang ini , koq tuhan yg kalian sembah bnyk versinya hahahhahahah kyk ultramen aja :v

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Tuhan koq banyak versinya , kyk ultramen wkwkkwkwkwkkwkwkwk :v

    BalasHapus
  41. Karena manusia dulu bingung,jd nyiptain dewa sendiri bwt disembah,pdhl bentuknya ngarang sendiri

    BalasHapus
  42. Karena manusia dulu bingung,jd nyiptain dewa sendiri bwt disembah,pdhl bentuknya ngarang sendiri

    BalasHapus
  43. ikuti aja perintah kitab suci maka kita suatu saat akan menyadari sampe dimana level ajaran itu.tetapimenurut bagawata purana tempat spiritual adalah tempat HRIstananya SHRI KRISNHA.yaitu planet GOLOKA VRINDAVAN.UNTUK MENYUSURI PLANET PLANET ITU,ORANG HARUS MEDITASI PUATKAN PIKIRAN DIANTARA KEDUA ALIS SEPERTI PERINTAH SHRI KRISNA,INI BERLAKU BAGI SEMUA MAHLUK YG INGIN MENERAPKAN.KALO SERIUS MAKA KAMU AKAN TAHU DARI ALAM HANTU SAMPE ALAM TERTINGGI.ITU UUUULIIIIT SEKALI.BAHKAN KEHIDUPAN INI MUNGKIN TAK MAMPU SAMPE NEMBUS KEALAM TERTINGGI.PALING HASILNYA MAU KE TUHAAAAAAAAN MENJADI KEEEE HAAAAAANNNNTU.TUHAN -hantuuuuu.

    BalasHapus
  44. dunia yg kita pijak ini hanya sebutir atom yg tak berguna bagi tuhan.maapkan saya karena saya tak mampu melevelkan selevel tuhan prekuesi saya mahluk tak guna.dunia ini gelap klooo tak dilihat oleh MAAATAAA HARI(nama lain dari SHRII VISNU/SHRII KRISNA.DARI DIPANDANGINYA DUNIA INI OLEH MATANYA SHRRII HARI SHRII KRISNHAAA MAKA TERJADILAH BERBAGE REAKSI PENCIPTAAN PEMELIHARAAN DAN BRBAGE PELEBURAN.MATAHARI ITU MATANYA SHRII HARI SHRII KRISNAAAA.ANDA DIINDONESIA HARUS BANGGA KARENA SECARA SPIRIYUAL LELUHUR KITA PINTER SEKALI CARANYA MENGINGAT TUHAN DENGAN MENYAPA NAMANYA.BUKTI LELUHUR KITA PINTER BERBAKTI SALAH SATUNYA YG NYATA ADALAH MEREKA MENAMAKAN WAKTU 24 sebagai 1HARI.KARENA TUHAN PENGUASA WAKTU.BEGITU SAYA MENANYAKAN HARI APA HARI INI BERARTI SAYA TANPA SENGAJA SUDAH MENYAPA TUHAN SHRIII HARI SHRII KRISHNAAAA.SIAPAPUN DIANTARA KITA KUSUSNYA INDONESIA TAK BISA LEPAS DARI KATA HAAARIIII.//////????????????

    BalasHapus
  45. KATA TUHAN ITU KONOTASINYA JABATAN SUATU ROH TERTINGGI YNG MENCIPTAKAN SEGALANYA DAN TAK DICIPTAKAN.SAMA DENGAN KATA MISALNYA KATA PRESIDEN.SIAPA PENJABAT PRESIDEN.BEGITU JG KATA TUHAN.SIAPA PENJABATNYA?????SEBAGE PEJABAT HARUSLAH SEORANG PRIBADI YG SEGALA TINDAK TANDUKNYA MEMENUHI KWALIPIKASI ITU.DAN ITUPUN HARUS ADA PENGAKUAN DARI AUTORITAS YG PANTAS DAN KWALIPAID BONAPID.DIDLM WADHA SUDAH JELAS DISEBUT SHRIIII KRHIIISNHAAA ADALAH KEPRIBADIAAAAN TUHAAAAN.JADI YG MEMEGANG JABATAN TUHAN ITU JELASAAAAJEEEE SHRIIIII KRIIIIISHNAAA.INILAH SUMBER SEGALA SUMBER WEJANGAN BLIAU TUHAN SHRIII KRIIISHNA;'AHAM SARVASYA VRABAVO, MATTAH SARVAM PRAWARTATTE,ITTI MATWA BAJANTEMAM,BUDHA BAVAH SAMANVITAH.ARTINYAAAA;'AKUUU SUMBER SEGALA DUNIA ROANI DAN DUNIA MATERI.SEGALA SESUATU BERASAL DARIKU,ORANG BIJAKSANA YG MENYADARI AKAN HAL INI,AKAN SELALU TEKUN BERBAKTI KEPADAKU.SALAH SATU CARA BER BAKTI ADALAH MENYAPA TUHAN DENGAN MENYEBUT HARI APA HARI INI MAK PAK BOS MAJIKAN BURUH TETEBENGEK SINGIDANG METEK.TUHAN TAK TERPIKIRKAN.TAPI ORANG YG MATA ROHANINYA KEBUKA SAMPE KELEVEL TUHAN AKAN TAHU SIAPA YG MENJABATNYA.CARI GURU SUSURI LEVEL ALAM SAMPE DIMANA ANDA MAMPU.IKUTI PETUNJUK SHRIII KRISHNAA BUKTIKAAAAAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brarti klo Tuhan itu sebuah jabatan berarti ada masa jabatannga ya brow!!... Pantas masa Ketuhanan Rama habis di ganti dengan masa Ketuhanan Krishna. Trnyata ada pergantian kedudukan Tuhan. Hebat anda berfikir begitu. Karena Tuhan yg saya percaya adalah Entitas Mutlak tanpa batas. Hingga alam ini gak mampu menerima kehadiran Zat Tuhan itu sendiri. Mukhalafatul lil hawadits artinya Tuhan berbeda dengan mahkluk. Sifat mustahil Tuhan adalah dia menjadi menyerupai mahluk rendah seperti manusia rama atau krishna. Mustahil Tuhan itu ada di surga neraka atau di bumi. Tak ad yg tau keberadaan Nya. Tpi Dia lah yg maha Melihat dan Mendengar.

      Hapus
  46. TUHAN KATA JABATAN.SIAPA PENJABATNYA? kitab WHEDA DIKATAKAN SHRIII KRISNAAAA JEEE PEJABATNYA.YG BILANG DEWA BRAHMA MENYATAKAN SHRI KRISNHAAA SEBAB DARI SEGALA SEBAB.DARI PENGALAMAN BEBERAPA ORANG YG BAGUS KELAHIRANNYA MEMBACA KLOO SHRIII KRISHNAAAA HADIR MAKA SEMUA DEWVA DULUL TURUN TERAKHIR BARU BLIAU.

    BalasHapus
  47. DEPINISI SHRIII KRISHNA MENURUT DEVA BRAHMAAA;1.SHRIII KRISHNAAALAH TUHAN YG ASLI.2,BLIAU PENCIPTA DEVA-DEVA NAMA LAIN BLIAU ADHI DEVA.3.SHRII KRISHNA PENUH PENGETAHUAN PENUH KEKEKALAN PENUH KEBAHAGIAAN MENYATU DIDLM BLIAU.4.NAMA LAIN LAGI DARI BLIAU ADALAH SHRII GOVIIINDAAA.5.SARWA KARANA KARANAM(SHRII KRISNHAAA ADALAH SEBAB DARI SEGALA SEBAB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah meninggal Sri Krishna bos pas betapa di hutan dipanah sma pemburu rusa. Ktanya sih karena kutukan dri ibu Duryodana yg menyalahkan govindha krena membiarkan perang mahabrata itu terjadi dan membunuh 100 anak nya. Tak kekal dia bos

      Hapus
  48. DEWA BRAHMA DIKUASAKAN OLEH BLIAU MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA INISETELAH MLALUI SERULINGNYA MEMBERI PELAJARAN MASUK KEHATINURANI DEWA BRAHMA BARU BISA CIPTAKAN ALAM SEMESTA MATERIAL INI.TAPI JANGAN ANDA KIRA HANYA ADA SATU DEVA BRAHMA YG DICIPTAKAN UNTUK MENCIPTA ALAM OLEH SHRII KRISHNAA.MASIH ADA BERBANYAK ALAM SEMESTA LAIN YG BRADA DILUAR SEMESTA INI YG ADA DEVA BRAHMANYA YG DICIPTA OLEH SHRII KRISHNAAA.ANDA UDH DAPAT MENONTON FILM LITLE SHRIII KRISHNAAA KAN????DEVA BRAHMA DI ALAM SEMESTA INI YG BERKEPALA EMPAT BARU MENYADARI BAHWA ADA DEVA BRAHMA LAIN YG BEGITU BANYAK DIALAM SEMESTA LAINNYA.DARI KISAH INI LAHIRLAH NYANYAI DIMANA DEWA BRAHMA BERDOA MENYANYI MENGAGUNGKAN KEAGUNGAN SHRII KRISHNAA DALAM KIDUNGAN YG DINAMAKAN;BRAHMA SAMHITTA.

    BalasHapus
  49. BOLEH SAYA BERTANYA?SIAPA PENGANUT WEDHA YG TAK KENAL UCAPAN MANTRA 'OHM'?KATA ITU ADALAH NO HPNYA SHRIII KRISHNAAAA.BEGITU ANDA MENGUCAPKANNYA MAKA BLIAU BANGUN MENERIMA SINYAL ANDA DAN MENYAHUTNYA SESUAI APA YG ANDA TUJUAN SESUAI KARMa anda dan level spiritual anda.bliau tak mempersoal siapa anda darimana begitu anda bilang ohm yg mutlak bliaulah yg anda telpon.okeeeee

    BalasHapus
  50. Abad ke I orang sakti namanya DEWA, Pada abad ke 19 orang sakti berubah nama jadi PENDEKAR, Pada peradaban sekarang berubah menjadi GILA

    BalasHapus
  51. Saya sangat suka dengan cerita ini,tp ada 1 pertanyaan yg sy ingin tanyaka
    1.siapakah tuhan agama hindu sebenarnya,apakah wishnu,brahma/siwa,bukankah tuhan itu 1,dia tidah berwujud tetapi dia ada,dia tidak beranak ataupun diperanakan,dia tidak beristri,tetapi dlm cerita yg sering sy baca,masing" dewa memiliki istri dan anak,tuhan tidak akan berdosa,dan tidak mempunyai amarah,tetapi kenapa sosok dewa siwa sering kali diceritakan pemarah bahkan dia memotong kepala ganesha dan mengembalikan kembali dengan kepala gajah,maaf bukannya sy menghina tetapi bukannya tuhan itu maha sempurna,tapi kenapa dlm cerita yg sy baca siwa tidak bisa mengembalikan kepala ganesha,jika menurut cerita umat islam nabi mohammad saw saja penyabar,bahkan dia di lempari kotoran hewan saja tetap sabar meskipun malaikat ingin memberi azab,nabi mohammad melarangnya,tp mengapa dewa siwa cuma di bangunkan dari pertapaannya malah marah dan menghanguskan dewa lain menggunakan mata ketiganya,sekali lagi saya tanya kenapa siwa disuruh istri dewa itu untuk menghidup kembali suaminya malah menjawab kelak dia akan lahir kembali/rengkarnasi,bukannya jika tuhan menginginkan maka terjadilah,kenapa tidak langsung diciptakan dengan seketika......???mohon dijawab yg tingkat keagamaan hindunya tinggi,ada banyak pertanyaan yg tersimpan di otak saya,sekaligas sy ingin mengenal lebih dekat agama hindu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa malah gajah yang dipakai dewa ganesha karena hanya manusia berwujud gajah yang bisa membunuh raksasa yang tidak dapat dibunuh manusia dan dewa,maka sudah ditakdirkan ganesha sebagai penylamat dewa siwa beliau sudah tau semuanya.kenapa dewa semara di hanguskan karena dewa semara adalah akan membentuk asmara pada manusia yang tak bayangka.kemarahan sangat berguna jika untuk kebaikan dan kemarahan beliau akan menjadi berguna bagi umat manusia kelak.

      Hapus
    2. Kenapa malah gajah yang dipakai dewa ganesha karena hanya manusia berwujud gajah yang bisa membunuh raksasa yang tidak dapat dibunuh manusia dan dewa,maka sudah ditakdirkan ganesha sebagai penylamat dewa siwa beliau sudah tau semuanya.kenapa dewa semara di hanguskan karena dewa semara adalah akan membentuk asmara pada manusia yang tak bayangka.kemarahan sangat berguna jika untuk kebaikan dan kemarahan beliau akan menjadi berguna bagi umat manusia kelak.

      Hapus
    3. Saya bantu sedikit,,,, benar bahwa Tuhan itu satu, tidak bisa digambarkan, tidak berbentuk,, Dia sperti cahaya,, nah para dewa ini,, brahma, wisnu, siwa adalah pancaran dari sinar" suci Tuhan itu sendiri dalam manifestasinya sesuai dengan tugas dan fungsi dari 3 dewa itu sendiri(trimurti). Tp pada dasarnya semua dewa berasal dari sinar suci Tuhan itu sendiri, hal ini dtunjukan oleh sri krisnha kpd arjuna dlm perang barata yudha.tidak seperti Tuhan,Dewa trimurti jelas dberikan keterbasan dlm prwujudannya. Mengenai apa yg di lakukan siwa dan apa yg tidak bisa di lakukan,, itu semua adalah cara beliau membentuk takdir, jika kita bisa melihat, tentu disana terdapat pelajaran yg "sengaja" diberikan. Mungkin itu sedikit yg bisa sy jelaskan.

      Hapus
    4. Berarti Tuhan agama Hindu siapa dong yg didalam sinar suci itu ?

      Hapus
    5. Berarti Tuhan agama Hindu siapa dong yg didalam sinar suci itu ?

      Hapus
    6. Saya coba sedikit mengulas sedikit, karena hanya manusia berwujud gajah yang bisa membunuh raksasa yang tidak dapat dibunuh manusia dan dewa....Mengapa dewa tidak bisa mmbunuh raksasa dan cuma Ganesha yg bsa membunuh Raksasa.....Berarti kekuatan Dewa2 nya kalah sama kepala gajah yang dipakai sebagai kepala ganesha....Bukan kah semua mahluk hidup itu ciptaan Dewa(Tuhan dalamk umat Hindu) kenapa ciptaan nya malah lebih hebat dari penciptanya ? bisa tolong dijelaskan...?

      Hapus
    7. Tuhan dalam agama hindu yaa disebut Ida Sang Hyang Widhi Wasa broo. Masalah ganesha,
      Setiap adanya masalah atau malapetaka yg muncul Tuhan tentu punya cara" sendiri untuk menyelesaikannya,, kenapa tidak di mudahkan saja? Kenapa harus dengan cara" yang rumit dan ribet? Karna ada takdir dari masing" orang yang terlibat dlm malapetaka itu, yang nantinya semua itu terdapat pelajaran bagi umat manusia. Sama halnya dengan mengapa umat Tuhan dlm islam banyak sekali mengutus nabi yg berjumlah 25?? Kenapa tidak satu saja? Atau Allah yang turun sendiri mengajarkan agamany? Agar tidak trjadi perpecahan dan salat tafsir di antara umat" manusia pada jaman" sesudahnya?? Semua itu ada maknanya,,, itulah rahasia Tuhan. Karna terdapat pelajaran disana yang harus dipahami oleh umat manusia.

      Hapus
    8. Pertanyaan mu kenapa Allah tidak turun sendiri kedua utk mengajarkan agama nya sudah pernah di tanyak sma Nabi Ibrahim dan Nabi Musa. Nabi Musa pernah bertanya kepada Allah agar menampakkan driNya pada bangsa Israel. Allah brfirman;"sesungguhnya kamu tidak tw sifat2 Ku. Lihatlah ke arah Gunung itu maka Aku akan muncul disana." tatkala musa melihat ke atas gunung yang masi rentetan gunung sinaisinai maka dia melihat cahaya kemuliaan Allah yg zat nya mulai hadir disana. Dlm seketika gunung itu hancur lebur krena tak mampu menerima kehadiran Tuhan. Mka musa yg kaget pun jatuh pingsan. Trsadar dri pingsan nya Musa langsung sujud menyembah kepada Allah yg maha besar. Mukhalafatul lil hawadits artinya berbeda dgn mahluk. SMPE KAPANPUN ALLAH GAK AKAN PERNAH LANGSUNG KE BUMI KRENA ITU SMA AJ DENGAN MENGHANCURKAN MAHLUK NYA. MAKA DIA MELIHAT KITA DARI SUATU TEMPAT DAN MENGUTUS MALAIKATNYA UTK MENGABARKAN KEBERADAANYA KEPADA NABI DAN NABI MENYAMPAIKAN KEBERADAAN TUHAN KEPADA MANUSIA.

      Hapus
  52. SangHyang Maha Pencipta yang menciptakan Alam Semesta dan Segala isinya, Yang menciptakan semua Para Dewa dan Dewi ,yang menciptakan roh berwujud tertentu atau tidak nyata : adalah mempunyai Sifat yang tidak bisa terpikirkan. Semua berpulang kepada Kepercayaan / Keyskinan sesuai dengan agama masing-masing. Ceritra atau Sejarah perlu kita ketahui , tapi kalau itu menyebsbkan kita tidak damai , untuk apa , lebih baik kita perbaiki do'a kita , kompromilah dengan hati kita, yang kita anggap kita benar , tidak medti kita harus ungkapkan bahwa itu adalah benar , Bagaimana kita bisa menilai agama orang lain sedangkan kita masih perlu banyak belajar dari agama kita masing-masing. Bagus kalau kita tahu sedikit tentang agama orang lsin : supaya kita lebih wise.

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh ashaduanlaailahailallah muhamadarrosululoh

    BalasHapus
  54. Mesti kalau masalah agama semuanya pada bentrok, oh agama ini yg benar agama itu salah, oh agama ini salah agama itu yg benar.. Benar menurut anda belum tentu benar menurut sang Pencipta, semua agama pada dasarnya mengajarkan kebaikan dan mengasihi sesama, bukan saling menjelekkan dan saling benar.. Anda semua tahu darimana jika keyakinan yg selama ini anda anut bahwa itu benar dan jaminan bisa masuk sorga?? Agama bukan untuk dipamerkan mana yg benar dan itu yg salah, agama adalah tonggak bagi bersinerginya antara hati dan pikiran kita agar bisa mengetahui makna "apa tujuan kita hidup", " apa tujuan kita diciptakan", sudah mengenalkah kita dengan sang Pencipta kita".. Kalau agama dijadikan landasan saling benar dan salah dan jadi ajang perdebatan untuk saling bermusuhan, dan saling memojokkan, itu sama saja dengan tidak berakal dan tidak menggunakan akal pikiran dengan sebaik baiknya..

    BalasHapus
  55. Agama itu dulunya satu karena manusianya juga satu yaitu Adam ,,yg pertama kali diciptakan oleh Tuhan ,namun kepintaran dari iblis sehingga anak cucu Adam terpecah belah menjadi 72 golongan ,namun hanya satu yg selamat yaitu orang yg mengenal Tuhannya dlm sebuah pernyataan tuhan berkata ,,wahai anak cucu Adam jangan sekali-kali kau meninggalkan dunia ini (mati) sebelum kau tahu dirimu selamat.

    BalasHapus
  56. Iblis meminta kepada Tuhan untuk menggoda anak cucu Adam supaya menjadi teman dineraka nanti dan tuhan pun mengabulkan permohonan iblis,,tapi satu pesan Tuhan ,,wahai iblis godalah semua hambaku yg bisa kau goda tapi satu hambaku yg tidak bisa kau goda yaitu hambaku yg selalu menuju kepadaku yg mengenal aku kata tuhan..

    BalasHapus
  57. Kehebatan iblis tidak diragukan lagi apa yg manusia minta bisa dikabulkan apa pun itu..tapi resiko nanti sesudah kematian adalah tanggunganmu sendiri siksa yg amat pedih..yg akan dirasakan mati berulang-ulang kemudian dihidupkan kembali abadi dan kekal selamanya ,tidak ada lagi tawar menawar Dg tuhan ,janji Tuhan itu sudah pasti makanya selama kita masih diberi nafas oleh Tuhan mari kita cari tuhan itu sendiri..dimana dicari yaitu orang yg mengenal Tuhan itu sendiri..Al Qalam..

    BalasHapus
  58. Wahai saudaraku semua yg ada di muka bumi ini.jgnlah memperdebatkan keyakinan,kepercayaan.karna itu menyebabkan kita hancur.
    Apapun keyakinanmu,kepercayanmu kita adalah saudara

    BalasHapus
  59. Ibu dan ayah kita adalah alam semesta
    Damailah jiwaku
    Damailah alamku
    Damailah semastaku

    BalasHapus
  60. Bagi yg beragama non muslim saya minta maaf di kitab kalian . Apa kah pernah yg kalian sembah berkata ., AKU TUHAN MU DAN SEBAHLAH AKU . Mungkin saya ada menyenggol hati kalian saya minta maaf . Para non muslim saya sarankan kalian nonton dlu DR.zakirnaik. di you tube . Klo sdh ada yg bisa kalahkan dia baru saya akui gama kalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. bocah, dr. zakir naik udah kalah debat sama org hindu india seorang pengusaha di negara malaysia.. kasihan deh lu, sampe2 dokter tersebut lari krn gk bisa balas.. makanya rajin2 lihat youtube ya dek, dan sekolah bagus2, negara indonesia ini negara yg sumber micin, generasi kita bodoh dan buta, tdk bisa berkarya, tdk bisa membangun bangsa, moralitas merosot, kemiskinan meningkat, apalah yg bisa dibanggakan di negara ini, maka kalian generasi indonesia belajarlah yg tekun, lihatlah org yg bukan dari agamamu, mereka semua cerdas, mampu menciptakan karya yg banyak, seni yg menakjubkan bahkan google sendiri CEO nya adalah seorang pemeluk Hindu.

      Hapus
  61. Bagi yg beragama non muslim saya minta maaf di kitab kalian . Apa kah pernah yg kalian sembah berkata ., AKU TUHAN MU DAN SEBAHLAH AKU . Mungkin saya ada menyenggol hati kalian saya minta maaf . Para non muslim saya sarankan kalian nonton dlu DR.zakirnaik. di you tube . Klo sdh ada yg bisa kalahkan dia baru saya akui gama kalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. bocah, dr. zakir naik udah kalah debat sama org hindu india seorang pengusaha di negara malaysia.. kasihan deh lu, sampe2 dokter tersebut lari krn gk bisa balas.. makanya rajin2 lihat youtube ya dek, dan sekolah bagus2, negara indonesia ini negara yg sumber micin, generasi kita bodoh dan buta, tdk bisa berkarya, tdk bisa membangun bangsa, moralitas merosot, kemiskinan meningkat, apalah yg bisa dibanggakan di negara ini, maka kalian generasi indonesia belajarlah yg tekun, lihatlah org yg bukan dari agamamu, mereka semua cerdas, mampu menciptakan karya yg banyak, seni yg menakjubkan bahkan google sendiri CEO nya adalah seorang pemeluk Hindu.

      Hapus
  62. aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku (Allah SWT)

    BalasHapus
  63. Kalau mau yakin masalah agama kita bisa lihat dari kitab suci agama masing-masing. Coba cari dan baca adakah kitab suci agama anda yang di terangkan di situ sembahlah aku dan aku adalah tuhan yang maha esa yg menciptakan alam semesta. Karena jelas kalau di agama islam dan di al quran ada menerangkan bahwa Allah lah tuhan yg maha kuasa. Benar coba nonton dr yakirnaik di youtube di situ banyak di terang kan.

    BalasHapus
  64. Tiap agama punya konsep ketuhanan masing - masing. Pegang teguh masing - masing dan jangan menyinggung apalagi mencemoohkan.

    BalasHapus
  65. Agama Hindu adalah agama yang turun dr Tuhan pertama kali ke bumi, agama yang sangat sempurna menceritakan ttg terbentuknya alam semesta, dan segala mahluk hidup didalam ya bahkan jauuuuhhhh sebelum manusia dilahirkan. Semua ada di Kitab Weda, yang tidak hanya menceritakan ttg manusia saja. Bagaimana keadaan bumu sebelum dilahirkannya manusia. Hanya di agama ini saja saya bisa mencari jawaban bagaimana kehidupan di bumi sebelum adanya manusia, bagaimana atarwa menyelesaikan segala prahara di bumi dr masa kemasa.
    Hanya di Hindu yang menjelaskan bagaimana jelasnya nya keadaan hidup setelah kematian, hukum2 yang menyatakan ttg karma seseorang.
    Hanya di Hindu saja yang mampu secara sempurna menyatakan bahwa zat yang ada di alam semesta sesuai dengan dlm tubuh setiap mahluk hidup (buana alit dan buana agung). Masih sangat kecil pengetahuan saya ttg Hindu,banyak hal yang kita sebagai manusia tidak sanggup memahami ajaran para Maha Rsi sebagai orang suci karena keterbatasan budi pekerti. Harus lbh banyak lagi mempelajari agama yang sempurna ini. Krn setiap pertanyaan selalu ada jawabanya, di mana, di Hindu.
    Jadi buat kawan2 yang hanya menonton 1 film buatan manusia bahkan mungkin tidak pernah membaca sejarahnya sebelumnya, saya sangat maklum pengetahiannya pun pas pas. Dan merasa yang paling benar. Karena kesadaran pikirannya memang hanya sebegitu. Jika ingin memahami suatu agama, maka lakukan prosesnya. Pelajari inti agamanya, pahami ajaranya, baca kitabnya, kenali semua guru dan maha gurunya. Jadi kalo bingung ttg Tuhannya Hindu itu siapa silahkan membaca semua Kita Hindu yang jumlahnya ribuan, kenali semua maha guru Maha Rsi dan semua murid2 nya, lakukan pemujaan sesuai dengan ajaran Hindu.
    Bukan mencari sendiri jawaban bedasarkan 1-2 film dan cerita cerita dengan nara sunber nggak jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. KITAB WEDA ADALAH IBU KITAB SUCI...DARI SANALAH SEMUA KITAB BERASAL

      Hapus
  66. Dewa kok jahat contoh:dewa indra

    BalasHapus
  67. Kalo boleh saran
    Bagi yang memang pemeluk agama hindu jika share artikel tolong di hilangkan kata mitologi dongeng ataupun kata mitos....
    Ini smua kisah keimanan jika kita lihat hal gaib mmg sulit dengan logika.. Itulah mengapa agama memerlukan keimanan...
    Karena tuhan itu maha gaib.
    Sama seperti agama lain kisah nya juga terkadag ada unsur yang gaib tapy mereka tidak mengatakan itu dongen mitos legenda ataupun mitologi...
    Cuma itu saran dari saya.
    Shanti ...

    BalasHapus
  68. cerita yang bagus, kalau bisa ditambahkan....
    Damai itu indah....
    Salam

    BalasHapus
  69. hahahahahhahahahahhahaha,haii semuaa manusia gak perlu pusing,debat sana sini,nanti kita buktikan nanti klo seluruh manusia (makhluqun) sudah mati..

    sampai jumpa di akhirat.

    BalasHapus
  70. Hallo

    Kami dari Dewa757 saat ini sedang mengadakan yang namanya Kontes Referral yang Berhadiah Jutaan Rupiah.

    Kami disini ingin Mengundang Dan Mengharapkan anda ikut berpartisipasi dalam Acara ini.

    Total Hadiah 30JT untuk 10 Orang Pemenang.

    * Hadiah Pertama Rp.10,000,000
    * Hadiah Kedua Rp.7,500,000
    * Hadiah Ketiga Rp.5,000,000
    * Hadiah Keempat Rp.2,500,000
    * Hadiah Kelima Rp.1,000,000
    * Hadiah Ke 6 - 10 Rp.500,000


    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 21 May 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 21 Juli 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 22 Juli 2018
    Hadiah akan dibagikan pada 23 Juli 2018

    Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi : http://dw757.pro/kontesref/index.html

    BalasHapus
  71. Suka... Makasi ceritanya. 🙏

    BalasHapus
  72. Lucu ya, banyak yg komen dari non hindu dan malah gak nyambung.
    Yg kalian baca disini hanya sepenggal kisah, sepenggal tidak mencerminkan keseluruhan. Dan dengan pengetahuan yang minim, ada baiknya tidak usah menjudge.
    Agama kalian adalah keyakinan kalian. Tidak perlu membanding2kan.
    Sya bangga sebagai hindu, karena kami diajarkan kehidupan, keseimbangan alam semesta, dan kebijaksanaan. Bukan diajarkan membenci atau mencari2 kesalahan penganut agama lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap ... mereka terlihat sombong... dengan membatasi sifat sifat Tuhan dengan hasil pemikiran mereka sendiri... Tuhan laku kan semua hal untuk tsb... karena Tuhan adalah sempurna... tidak lah sempurna Tuhan kalo dia tidak pernah jd pencipta atau jadi ciptaan...
      saya nasrani kami tidak pernah di ajar kan untuk mencela atau merndah kan keyakinan orang lain...

      Hapus
  73. Karya sastra para pujangga di jaman bangsa asyur inilah pertama kali kepercayaan kepada dewa dewa di bawa ke tanah hindi (india) dan orang yg percaya kepada dewa dewa di sebut hindu

    BalasHapus
  74. Yang diketahui adalah yg ada...jika tidak ada maka tak bisa diketahui...

    Yang ada adalah yg benar....yang benar itu adalah yang tepat..
    yg tepat adalah yg lengkap...
    Yang lengkap itulah yg sempurna...
    Yang sempurna adalah tuhan sumber segalanya ini...

    Maka , apakah tuhan bisa diketahui...bisa..dari mana..?.dari semua keadaan yg bisa diketahui ini....

    Sebatas mana pengalaman atau pengetahuan seseorang tentang keadaan yang ada ini , maka sebatas itu mereka bisa mengerti akan tuhan...

    Oleh karena tuhan adalah sumber , maka ciptaan itu adalah bagian, oleh karena ciptaan itu bagiannya tuhan ,
    Maka ciptaan juga adalah bagian dari kesempurnaan...

    Oleh karena ciptaan adalah bagian dari kesempurnaan , atau yg lengkap..
    maka apa yg telah ada akan tetap ada dan tak pernah menjadi tiada...
    Tak bisa di tiadakan...

    Begitupun apa yg memang tidak ada tak akan pernah bisa diadakan...

    Dualitas , pertentangan sebagai suka duka - besar kecil - sakit sehat , kekejaman dan kasih sayang, adalah kelengkapan ciptaan ini....

    Maka itu , betapapun hati kita berontak akan hal hal yg tidak kita sukai , namun apa yg harus terjadi akan tetap menerjang tanpa perduli akan jeritan hati kita yg memohon..

    Demikianlah hukum alam, yang setiap saat membuat hati kita terenyuh, menjerit, namun tak sekalipun akan berpengaruh bagi jalannya waktu saat kejadian itu harus terjadi....

    Yang terjadilah.....

    Maka itu..org org bijaksana yang sadar akan hal itu , mengukuhkan hatinya untuk selalu menerima apapun kenyataan ini....

    Sehingga dgn cara menerima ...
    Dan mengikhlaskan semuanya sebagai kehendak tuhan, membuat dirinya seakan tak terpengaruh oleh keadaan apapun yg terjadi...

    Sebab segalanya adalah tuhan, maka tuhanlah target keinginannya, dan bukan kejadian kejadian yg ada pada ciptaannya..

    RAHAYU

    BalasHapus
  75. Bagaimana dengan God of War? Apakah itu termasuk?

    BalasHapus
  76. #share
    THE NEXT EOS & Ethereum!
    Lihat perbandingan kelebihan RAYS dengan Crypto lainnya pada gambar dibawah!

    Cuma daftar dan referrensi orang dapat $?
    Ini seriusan lho, ,project blockchain dari RAYS NETWORK the next EOS membuat program referral terbesar, earn up to $15000.
    Ada program bounty juga

    Caranya :
    1. Klik link dibawah ini

    https://referral.rays.network?mwr=7751-9f1ed149

    2. Masukkan telegram id
    3. Masukkan alamat email aktif
    4. Verifikasi email
    5. Masuk ke grup telegram t.me/RaysNetwork
    6. Share referral link
    7. Cek hasil di "Check My Status"

    AYO JANGAN KETINGGALAN LAGI!

    BalasHapus
  77. Yg berdebat yg ribut di sini adalah orng yg belum memiliki/menganut agama krn msh bingung ingin menganut agama yg mana.sy hindu punya pacar yg beragama islam dn sangat taat dngn agamanya tp suatu saat pacar sya melantunkan mantram pujatrisandya dengan lancar dan artinya,sedangkan sy tdk pernah sedikitpun mengajarkan itu krn kami msh pacaran.dr kejadian yg sy alami,agama bkn berarti dianut sejak lahir tp di temukan saat kita menerima cobaan dr tuhan.di saat kalian di berikan cobaan yg sangat berat,kepada tuhan kalian akan mengadu.

    BalasHapus
  78. Terimakasih atas keterangannya,, saya suka karakter dewa shiwa,, tapi bukan berarti saya meyakini agamanya,, saya suka sosok budha dalam kisah nya,, juga bukan berarti saya meyakini dan yang lain,, maaf buat yg lain,, perihal perdebatan kalian saya juga ingin menerangkan sudut pandang saya bukan sebagai ahli agama... Jika kalian orang beragama namun membicarakan agama sama seperti kisah 3 orang buta yang menjelaskan seekor gajah bentuknya seperti apa... Bagi saya kenapa tidak kalian memposisikan diri kalian yang berada di atas puncak gunung... Sebab jika kalian melihat gunung dari bawah dan jauh maka kalian akan ada yg bilang bahwa gunung itu penuh dengan pepohonan karna melihat dari depan.. Lalu yg satu lagi melihat bahwa gunung itu berbatuan karna melihatnya dari belakang,, lalu ada lagi yg bilang bahwa gunung itu ada air terjun dan sungai karna melihat dari kiri,, dan terakhir melihat gunung adalah gersang dan tandus karna melihatnya dari kanan... Kenapa kalian tidak mendaki gunung tersebut dan melihay dari atas,, bahwa seperti apa gunung yg kalian lihat.. Namun tak perlu menjelaskan kepada orang bahwa gunung seperti apa kecuali ada orang yg bertanya ke kalian secara privasi.. Menurut saya itu lebih baik dan bijak... Biar kan apa yg menurut mereka benar sebab itu menurut sudut pandang mereka,, karna takkan ada habisnya jika diperdebatkan jika tetap pada sudut pandang masing masing apalagi dengan ego.. Maaf jika ada salah dalam bahasa dan kata kata.. Semoga bermanfaat dan membuka kepada kita semua antara umat beragama..

    BalasHapus
  79. Siwa, Allah, dan Yesus ialah sama dan satu. Kita sebagai manusia tidak selayaknya keliru akan hal itu, seandainya tuhan kita berbeda, kenapa wujud kita sama layaknya manusia. Tuhan menciptakan beragam agama untuk menciptakan keragaman didalam memujanya, jika sudah beragam akan terciptalah keindahan yang tidak sepatutnya kita perburuk.

    BalasHapus