Jumat, 16 Mei 2014

Dewa Agni



Dewa Agni adalah dewa api dalam kepercayaan Hindu.
Agni berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “api” yang juga serumpun dengan kata Latin “ignis”.
Selain menjadi penguasa api, tugas lain Agni adalah
sebagai utusan para dewa sekaligus pembawa korban yang ditawarkan oleh manusia untuk para dewa.
Agni merupakan salah satu dewa paling penting dalam kepercayaan Hindu. Asal mula Agni mungkin saja mendahului Hindu, mengingat penyembahan api merupakan salah satu kepercayaan tertua di dunia.
Agni adalah dewa abadi dan sering dideskripsikan sebagai selamanya muda. Hal ini mewakili salah satu keajaiban api, bahwa setiap kali perapian dinyalakan, api akan menyala kembali sehingga seakan abadi.
Agni digambarkan dalam berbagai versi dengan yang paling sering terlihat memiliki tujuh lidah api yang keluar dari dua wajah serta gigi emas cemerlang.
Tubuh agni berwarna merah dengan surai berwarna hitam. Dia digambarkan memiliki tiga kaki dengan tujuh lengan merah serta tujuh berkas cahaya yang memancar dari tubuhnya.
Agni dipandang hadir dalam segala sesuatu yang mirip api. Dia hadir dalam petir yang menyambar dan memicu kebakaran, dia juga dikatakan bermanifestasi dalam sinar matahari yang menyiram bumi.
Agni juga dipandang hadir sebagai api dalam bentuk metaforis, seperti dalam perut, dan dalam tubuh seseorang itu sendiri, seperti api kecil yang menciptakan kehidupan.
Agni adalah dewa yang mampu memberikan keabadian pada manusia serta mampu membersihkan dosa manusia dengan api.
Karena sarana pengorbanan dalam kepercayaan Hindu umumnya dibakar, Agni juga dianggap sebagai dewa pengorbanan. Dia bertugas mengumpulkan persembahan dan menyampaikannya pada para dewa.
Fungsi seperti ini melekatkan Agni dengan status sebagai salah satu utusan utama para dewa.
Agni memiliki aturan yang mendikte penggunaan api serta arah api yang akan menentukan tujuannya.
Api yang membakar ke selatan dimaksudkan sebagai pengorbanan kepada orang mati, api yang membakar ke timur dimaksudkan untuk pengorbanan kepada para dewa, dan api yang membakar ke barat dimaksudkan untuk memasak.
Ada banyak versi cerita yang berkaitan dengan kelahiran Agni. Paling sering Agni dianggap sebagai anak Prthivi dan Dyaus Pita, merupakan saudara kembar Indra, serta saudara Fajar dan Malam.
Agni memiliki istri bernama Svaha dan memiliki anak bernama Karttikeya.

Mitos lain menyatakan bahwa setelah kelahirannya, Agni melahap kedua orang tuanya, melambangkan api yang membakar dua tongkat kayu yang sebelumnya digunakan untuk membuat api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar