Minggu, 23 Maret 2014

Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan


Banyak orang yang menganggap sinar matahari adalah musuh bagi kulit, mereka beranggapan bahwa kulit akan terbakar dan menjadi rusak jika terlalu lama terkena sinar matahari. Anggapan seperti itu memang tidak sepenuhnya salah, namun sinar matahari yang merupakan musuh bagi kulit adalah sinar matahari pada siang hari. Pada siang hari sinar matahari banyak mengandung UV yang berbahaya bagi kulit.

Namun jika kita ingin memperoleh manfaat kesehatan dari matahari, maka sinar matahari pagi adalah jawabannya. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sang surya. Apa manfaat sinar matahari pagi bagi kita? Ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan, antara lain :

1.Sinar matahari meningkatkan suasana hati dan mood. Sinar matahari juga membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis endorfin. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap. Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi akan membuat suasana hati kita lebih tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi mampu merangsang pembentukan serotonin yang merupakan kontributor untuk perasaan nyaman dan tenang.

2.Sinar matahari mengurangi insomnia, paparan sinar matahari meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari, hormon ini membantu kita tidur lelap.

3.Kulit mensintesa vitamin D dengan bantuan sinar matahari, vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yg membuat tulang menjadi kuat. Sinar matahari mencegah rachitis pada anak2 dan osteoporosis pada lanjut usia. Saat mentari mulai terbit (sekitar pukul 7 pagi s/d 9 pagi) kita dapat berjemur untuk memperoleh vitamin D yang diperlukan oleh tubuh kita. Wajah, leher, lengan dan kaki yang terkena sinar matahari akan mampu memproduksi vitamin D yang mempromosikan kesehatan kulit.

4.Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yg dapat menghambat pengembangan sel kanker, paparan sinar matahari yg teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit kanker usus, payudara, lukemia.

5.Paparan sinar matahari memperkuat sistem kardiovaskuler, meningkatkan sirkulasi darah, denyut nadi, tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol

6.Sinar matahari menigkatkan fungsi hati, yg efektif dalam mengobati penyakit kuning.

7.Membantu kerja ginjal, saat matahari panas tubuh mengeluarkan air melalui keringat.

8.Matahari juga membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat metabolik melalui stimulasi tiroid.

9.Sinar matahari juga menolong meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.

10.Sinar matahari dapat membunuh mikroba. Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yg susah untuk dicuci.

11. Sinar matahari terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tubuh kita akan dapat memproduksi sel darah putih dengan baik jika mendapatkan bantuan dari sinar matahari. Dengan produksi sel darah putih yang cukup, akan dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit.

12.Menurut sebuah penelitian, sinar matahari pagi mampu mengurangi resiko untuk terkena jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, dengan kulit yang sehat maka kemungkinan untuk terkena jerawat dapat diminimalisir


Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar