Minggu, 23 Maret 2014

Fakta Unik Indera Penciuman Hidung


Hidung manusia bekerja mengikuti sesuatu yang berbau di sekitarnya, sama seperti halnya mata yang memberi informasi dengan penglihatan dan telinga melalui suara. Lalu bagaimana hidung manusia bisa mencium sesuatu?


Hidung memiliki dua lubang yang disebut dengan nostrils. Lubang hidung dan saluran hidung dipisahkan oleh dinding yang disebut dengan septum. Bagian hidung yang lebih dalam lagi mendekati tengkorak, septumnya terbuat dari tulang yang sangat tipis.

Bagian yang dekat dengan hidung septumnya terbuat dari cartilage, merupakan bahan fleksibel yang lebih keras dibandingkan kulit dan otot tapi tidak sekeras tulang. Jika memencet bagian ujung hidung akan merasa seperti bergoyang-goyang.

Di balik hidung ada tempat yang disebut dengan rongga hidung yang berhubungan dengan tenggorokan belakang. Rongga hidung ini dipisahkan dari bagian dalam mulut dengan palate (langit-langit mulut).

Bagian atas dari rongga hidung yang disebut dengan olfactory epithelium yang memberikan daya cipta atau imajinasi terhadap sesuatu dengan penciuman. Olfactory epithelium memiliki reseptor khusus yang sensitif terhadap molekul bau yang bergerak melalui udara, seperti diberitakan dari Kidshealth.

Reseptor ini sangat kecil dan jumlahnya kurang lebih 10 juta di dalam hidung. Terdapat ratusan reseptor bau yang berbeda, masing-masing untuk kemampuan terhadap molekul bau tertentu. Peneliti menunjukkan bahwa bau bisa menstimulasi beberapa reseptor jenis yang berbeda sekaligus. Selanjutnya otak akan menginterpretasikan kombinasi reseptor untuk bisa mengenali salah satu dari sekitar 10.000 bau yang berbeda.
Ketika reseptor bau distimulasi, sinyal bekerja dari saraf olfactory ke olfactory bulb yang letaknya di bawah bagian depan otak dan di atas rongga hidung. Sinyal lalu dikirim ke bagian lain di otak yang bisa menginterpretasikan bau yang sudah dikenal.

Bau yang teridentifikasi merupakan cara otak untuk memberitahu mengenai lingkungan sekitarnya. Seperti saat mencium bau roti bakar, maka secara cepat otak akan menginterpretasikannya dan manusia akan mengecek roti bakarnya.

Kebanyakan orang hanya berpikir mengenai lidah ketika membicarakan tentang rasa. Tapi rasa tidak akan berarti apa-apa tanpa bantuan dari hidung. Kemampuan idera penciuman dan perasa akan bekerja sama karena bau dari makanan akan menuntun orang untuk mencicipinya. Jadi, jangan pernah remehkan kemampuan hidung Anda.

Kita memiliki hidung berlubang di sebelah kiri dan di sebelah kanan, apakah fungsinya sama?

Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan bedanya; sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan panas) dan sebelah kiri mewakili bulan (mengeluarkan dingin). Jika sakit kepala, cobalah menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh. Anda merasa lelah, lakukan bolak-balik. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasakan segar kembali.

Sebab lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas, sehingga gampang sekali panas, Lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin. Perempuan bernafas lebih dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya gampang sekali dingin. Laki-laki bernafas lebih dengan hidung sebelah kanan, sehingga gampang sekali marah.


Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar