Selasa, 25 Maret 2014

Fakta Unik Tentang Ciuman




Ciuman merupakan cara yang indah untuk mengekspresikan rasa cinta . Ada banyak cara menyampaikan perasaan lewat ciuman, tergantung siapa yang Anda cium, anak, teman,keluarga tercinta  atau pasangan. Apa sih, istimewanya sebuah ciuman? Mengapa orang-orang di negara Barat sering sekali berciuman, dan sangat ekspresif dalam melakukannya?
Dan, meskipun banyak yang mengatakan bahwa berciuman adalah bagian dari “budaya Barat”, tetapi  sampai sekarang orang Barat dan orang Timur pun masih sering membahas soal ciuman. . Namun ada hal unik di balik ungkapan kasih sayang ini. Berikut  fakta unik dan menakjubkan mengenai ciuman seperti dikutip dari All Women Talk  :





1. Mencium baik untuk kesehatan Berciuman sebenarnya sehat. Saat berciuman, otot dan kulit mengencang, membantu sirkulasi darah, mencegah kerusakan gigi, dan dapat meringankan sakit kepala. Jadi, jika mengalami sakit kepala, daripada mengasup obat, adabaiknya mencium pasangan yang anda cintai .

2. Mencium sama dengan olahraga. Kecupan singkat di pipi hanya menggunakan dua otot, sedangkan  yang bergairah akan mengaktifkan 34 otot wajah Anda. Berciuman penuh gairah selama satu menit penuh, akan membakar sekitar 26 kalori. Dan, ciuman selama satu jam telah membakar sekitar 1.560 kalori. Mungkin Anda tak perlu lagi olahraga di pusat kebugaran.

3. Berciuman berefek obat Ketika mencium, tubuh akan melepaskan hormon endorphin 200 kali lebih kuat daripada efek konsumsi morfin. Sehingga tak ada alasan untuk meninggalkan ciuman bersama orang yang Anda cintai tiap hari.

4. Berciuman sama dengan berbagi kuman Satu ciuman membuat dua orang saling bertukar 278 jenis bakteri. Sedangkan ciuman berdurasi cukup lama bisa menukar 10 juta bakteri. Itulah alasan agar berciuman dengan seorang yang Anda kenal dan menjaga kebersihan mulut sebelum ciuman.

5. Berciuman bisa menjaga keseimbangan sistem kardiovaskular. Saat Anda mencium pasangan dalam waktu yang lama, detak jatung bisa meningkat hingga 110 per menit. Ini bisa menjadi latihan yang bagus bagi kesehatan jantung.

6. Ciuman pun bisa membuat berat badan Anda tetap stabil atau bahkan berkurang. Hal ini dikarenakan, berciuman selama 5 menit dapat membakar 12 kalori.

7.Berciuman juga dapat mencegah produksi hormon stres, glukokortikoid. Hormon itulah yang menyebabkan tekanan darah tinggi, lemah otot dan insomnia.

8. Ingin wajah lebih kencang? Kalu begitu, jangan ragu untuk lebih sering berciuman. Dengan berciuman, lebih dari 30 otot wajah bergerak sehingga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke kulit wajah dan menghaluskan kulit.

9. Selama ini berciuman dianggap sebagai cara penularan virus. Tetapi pada kenyataanya, Air liur yang terdapat saat berciuman, merupakan obat alami yang dapat mengatasi virus tertentu. Pertukaran air liur dapat merangsang sistem kekebalan tubuh , hasilnya adalah produksi antibodi yang mampu melindungi Anda dari virus. Proses ini disebut cross-imunoterapi.

10. Setelah berciuman, biasanya nafas menjadi lebih cepat. Rata-rata setelah berciuman, orang akan menghirup dan membuang nafas 60 kali dalam satu menit. Sedangkan dalam keadaan normal, hanya 20 kali tiap satu menit. Menghirup dan membuang nafas lebih sering akan mencegah berbagai gangguan di paru-paru.

11. Saat berciuman, produksi saliva atau air liur otomatis lebih banyak. Asam yang terkandung dalam saliva akan menjadi pelindung yang baik bagi gigi Anda.

12. Berciuman lebih dari 3 menit akan merangsang tubuh menghasilkan rantai kimiawi yang akan menghancurkan hormon penyebab stress.

13. Bercumbu baik untuk menyembuhkan rasa sakit. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas berciuman bisa meningkatkan kekencangan kulit, membantu sirkulasi darah, mencegah gigi berlubang, bahkan bisa mengusir sakit kepala.

14. Ciuman tularkan beberapa penyakit. Penyakit mononucleosis bias ditularkan lewat ciuman. Demikian juga dengan herpes. Pada kasus yang amat jarang, ciuman juga menularkan HIV. Tahun 1997, seorang wanita terinfeksi HIV melalui ciuman, karena gusinya berdarah sehingga virus HIV masuk kealiran darahnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar