Catur Marga adalah empat jalan/cara, Catur Yoga adalah empat
cara mempersatukan diri dengan Tuhan.
Ajaran Catur Marga dan Catur Yoga sangat berdekatan, hanya
berbeda istilanya
saja. Marga berarti jalan sedangkan Yoga berarti penyatuan, penghubungan yang
berasal dari kata “Yuj” yang artinya berhubungan.Ajaran Catur Marga dan Catur Yoga sangat berdekatan, hanya
Bagian - Bagian Catur Marga Yoga Yaitu:
1. Bhakti Marga Yoga
2. Karma Marga Yoga
3. Jnana Marga Yoga
4. Raja Marga Yoga
1. Bhakti Marga Yoga
Bhakti artinya cinta kasih. Kata bhakti ini digunakan untuk
menunjukkan kasih kepada objek yang lebih tinggi atau lebih luas cakupannya.
contoh: kepada orang tua, para leluhur, para dewa, Tuhan Yang Maha Esa. Kata
cinta kasih digunakan untuk menunjukkan cinta kepada sesama manusia atau mahluk
di bawah mansuia : kawan, keluarga, pacar, tetangga, rekan kerja, binatang,
tumbuh-tumbuhan, alam samesta ini. Jalan Bhakti Marga: jalan untuk menuju Tuhan
Yang Maha Kuasa dengan menggunakan sarana . Orang yang melakukan jalan
bhakti disebtu Bhakta.
Diantara jalan dan cara yang ditempuh oleh umat manusia untuk mencapai kebebasan yang sempurna dan persatuan atman dan brahman, maka jalan Bakti Marga Yoga adalah jalan yang paling mudah dan banyak dilakukan/ditempuh oleh manusia untuk mencapai tujuan hidupnya.
Yang terpenting bagi seorang Bhakta adalah penyerahan diri sepenuhnya dan sujud bhakti pada Tuhan.
Dari caranya mewujudkan, bhakti dibagi dua yaitu
1. PARA BHAKTI : Para artinya utama; jadi para bhakti
artinya cara berbhakti kepada Hyang Widhi yang utama, sedangkan apara
bhakti artinya tidak utama; jadi apara bhakti artinya cara berbhakti
kepada Hyang Widhi yang tidak utama.
2. APARA BHAKTI: Apara bhakti dilaksanakan oleh bhakta yang
tingkat inteligensi dan kesadaran rohaninya kurang atau sedang-sedang saja.
Para bhakti dilaksanakan oleh bhakta yang tingkat inteligensi dan kesadaran
rohaninya tinggi. Ciri-ciri bhakta yang melaksanakan apara bhakti antara lain
banyak terlibat dalam ritual (upacara Panca Yadnya) serta menggunakan berbagai
simbol (niyasa).
Ciri-ciri bhakta yang melaksanakan para bhakti antara lain
sedikit terlibat dalam ritual tetapi banyak mempelajari Tattwa Agama dan
kuat/berdisiplin dalam melaksanakan ajaran-ajaran Agama sehingga dapat
mewujudkan Trikaya Parisudha dengan baik dimana Kayika (perbuatan), Wacika
(ucapan) dan Manacika (pikiran) selalu terkendali dan berada pada jalur dharma.
Bhakta yang seperti ini banyak melakukan :
- Drwya Yadnya (ber-dana punia),
- Jnana Yadnya (belajar-mengajar), dan
-Tapa Yadnya (pengendalian diri).
2. Karma Marga Yoga
Karma adalah perbuatan. Jadi Karma Marga Yoga adalah jalan untuk mencapai kesatuan atman dan Brahman melalui kerja atau perbuatan tanpa ikatan, tanpa pamrih, tulus dan ikhlas, penuh dengan amal kebajikan dan pengorbanan.
Dalam Karma Marga Yoga, perbuatan dan kerja merupakan suatu pengembalian dengan melepaskan segala hasil atau buah dari segala perbuatan dan segala yang dikerjakannya. Dengan melakukan amal kebajikan tanpa pamrih, akan dapat mengembalikan emosi dan melepaskan atma dari ikatan duniawi.
Seorang Karmin dapat melepaskan diri dari ikatan karma wasana dan karma phala nya, terbebas dari unsur-unsur maya, sehingga mencapai kesempurnaan dan kebebasan tertinggi (moksa)
“Bekerjalah kamu selalu, yang harus dilakukan dengan tiada terikat olehnya, karena orang mendapat tujuannya yang tertinggi dengan melakukan pekerjaan yang tak terikat olehnya” (Bhagawad Gita III-19)
Jadi seorang Karmin dalam kehidupannya selalu bekerja tanpa pamrih, mengutamakan pengabdian dan pengorbanan, sehingga hidupnya tidak akan mungkin sia-sia di dunia ini, sebab phala pengorbanan dan pengabdiannya mendapatkan kesempurnaan lahir bathin dan moksa.
3. Jnana Marga Yoga
Jnana artinya kebijaksanaan filsafat atau ilmu pengetahuan.
Jadi Jnana Marga Yoga adalah jalan untuk mencapai persatuan Atman dan Brahman
berdasarkan atas ilmu pengetahuan atau kebijaksanaan filsafat kebenaran.
Menurut Upanisad pengetahuan seorang bijaksana (Jnanin) dapat dibagi atas dua bagian yaitu Apara Widya dan Pari Widya. Apara Widya adalah pengetahuan dalam tingkat kemewahan suci (ajaran-ajaran suci Weda) sedangkan Pari Widya adalah pengetahuan tingkat tinggi tentang hakikat kebenaran Atman dan Brahman. Jadi Apara Widya adalah dasar untuk mencapai Pari Widya. Seorang Jnanin memiliki pengetahuan untuk mencapai kebenaran yang sempurna, dengan Wiweka (logika) yang dalam mereka benar-benar bisa membedakan yang kekal dan tidak kekal, sehingga bisa melepaskan yang tidak kekal dan mencapai kekekalan yang sempurna.
Menurut Upanisad pengetahuan seorang bijaksana (Jnanin) dapat dibagi atas dua bagian yaitu Apara Widya dan Pari Widya. Apara Widya adalah pengetahuan dalam tingkat kemewahan suci (ajaran-ajaran suci Weda) sedangkan Pari Widya adalah pengetahuan tingkat tinggi tentang hakikat kebenaran Atman dan Brahman. Jadi Apara Widya adalah dasar untuk mencapai Pari Widya. Seorang Jnanin memiliki pengetahuan untuk mencapai kebenaran yang sempurna, dengan Wiweka (logika) yang dalam mereka benar-benar bisa membedakan yang kekal dan tidak kekal, sehingga bisa melepaskan yang tidak kekal dan mencapai kekekalan yang sempurna.
4. Raja Marga Yoga
Raja Marga Yoga adalah jalan untuk mencapai kebebasan yang
sempurna berdasarkan pelaksanaan Tapa Brata Yoga Semadhi.
Tapa dan Brata merupakan suatu latihan untuk mengendalikan emosi (nafsu) sedangkan Yoga dan Semadhi adalah latihan untuk dapat menyatukan atman dengan brahman (Tuhan) dengan melakukan konsentrasi yang setepat-tepatnya dalam ketenangan suasana semadhi yang sempurna.
Seorang Raja Yoga akan dapat menghubungkan dirinya dengan Tuhan misalnya dengan melakukan Astangga Yoga yaitu delapan jalan untuk melakukan Yoga untuk mencapai Moksa, yaitu :
a. Yama (Larangan)
yaitu disiplin penahanan diri terhadap keinginan atas nafsu
b. Nyama (Suruhan)
yaitu beradat yang baik dengan memupuk kebiasaan-kebiasaan yang baik.
c. Asana
yaitu mengatur sikap duduk yang baik
d. Pranayama
yaitu mengatur pernafasan yang sempurna dan teratur. Puraka (menarik nafas), Kumbaka (menahan nafas), Recaka (menghembuskan nafas).
e. Pratyahara
yaitu mengontrol dan mengembalikan semua indrya, sehingga dapat melihat sinar-sinar suci.
f. Dharana
yaitu usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan Tuhan.
g. Dhyana
yaitu usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan Tuhan yang tarafnya lebih tinggi daripada Dharana.
h. Semadhi
yaitu persatuan Atman dengan Brahman (Tuhan).
Lima yang pertama merupakan bantuan luar daripada Yoga.
Dengan melakukan Astangga Yoga, seorang Raja Yoga (Yogin) akan dapat menerima wahyu (Sruti) melalui pengamatan intuisinya yang telah mekar dan dapat pula mengalami Jiwan Mukti, dan selanjutnya setelah meninggal atmanya akan bersatu dengan Tuhan.
“Seorang Yogin harus tetap memusatkan pikirannya kepada atma yang maha besar (Tuhan), tinggal dalam kesunyian dan tersendiri, bebas dari angan-angan dan keinginan untuk memilikinya” (Bhagawad Gita VI-10)
“Karena kebahagiaan tertinggi datang pada Yogin, yang pikirannya tenang, yang nafsunya tidak bergolak, yang keadaannya bersih dan bersatu dengan Tuhan (Moksa)” (Bhagawad Gita VI-27)
Demikianlah cara atau jalan yang dapat dituruti, dilaksanakan oleh manusia sebagai tuntunan baginya untuk mencapai tujuan hidupnya yakni menikmati kesempurnaan hidup yang disebut Moksa.
Tapa dan Brata merupakan suatu latihan untuk mengendalikan emosi (nafsu) sedangkan Yoga dan Semadhi adalah latihan untuk dapat menyatukan atman dengan brahman (Tuhan) dengan melakukan konsentrasi yang setepat-tepatnya dalam ketenangan suasana semadhi yang sempurna.
Seorang Raja Yoga akan dapat menghubungkan dirinya dengan Tuhan misalnya dengan melakukan Astangga Yoga yaitu delapan jalan untuk melakukan Yoga untuk mencapai Moksa, yaitu :
a. Yama (Larangan)
yaitu disiplin penahanan diri terhadap keinginan atas nafsu
b. Nyama (Suruhan)
yaitu beradat yang baik dengan memupuk kebiasaan-kebiasaan yang baik.
c. Asana
yaitu mengatur sikap duduk yang baik
d. Pranayama
yaitu mengatur pernafasan yang sempurna dan teratur. Puraka (menarik nafas), Kumbaka (menahan nafas), Recaka (menghembuskan nafas).
e. Pratyahara
yaitu mengontrol dan mengembalikan semua indrya, sehingga dapat melihat sinar-sinar suci.
f. Dharana
yaitu usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan Tuhan.
g. Dhyana
yaitu usaha-usaha untuk menyatukan pikiran dengan Tuhan yang tarafnya lebih tinggi daripada Dharana.
h. Semadhi
yaitu persatuan Atman dengan Brahman (Tuhan).
Lima yang pertama merupakan bantuan luar daripada Yoga.
Dengan melakukan Astangga Yoga, seorang Raja Yoga (Yogin) akan dapat menerima wahyu (Sruti) melalui pengamatan intuisinya yang telah mekar dan dapat pula mengalami Jiwan Mukti, dan selanjutnya setelah meninggal atmanya akan bersatu dengan Tuhan.
“Seorang Yogin harus tetap memusatkan pikirannya kepada atma yang maha besar (Tuhan), tinggal dalam kesunyian dan tersendiri, bebas dari angan-angan dan keinginan untuk memilikinya” (Bhagawad Gita VI-10)
“Karena kebahagiaan tertinggi datang pada Yogin, yang pikirannya tenang, yang nafsunya tidak bergolak, yang keadaannya bersih dan bersatu dengan Tuhan (Moksa)” (Bhagawad Gita VI-27)
Demikianlah cara atau jalan yang dapat dituruti, dilaksanakan oleh manusia sebagai tuntunan baginya untuk mencapai tujuan hidupnya yakni menikmati kesempurnaan hidup yang disebut Moksa.
Keempat jalan dan cara diatas semuanya adalah sama, tiap-tiap jalan meletakkan dasar dan cara-cara tersendiri. Tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah, semuanya baik dan utama, tergantung kepribadian, watak, kesanggupan dan bakat manusia masing-masing. Semuanya akan mencapai tujuannya asal dilakukan dengan pernuh kepercayaan, ketekunan dengan tulus ikhlas, kesujudan, keteguhan iman dan tanpa pamrih.
No comments:
Post a Comment