Kamis, 03 April 2014

Fakta Unik Tentang Keringat


Pernahkah kita berpikir sejenak mengapa tubuh menghasilkan produk sekresi berupa keringat? Atau pernah kah kita berpikir mengapa kita berkeringat saat melakukan beberapa kegiatan tertentu? Mungkin kondisi-kondisi tersebut sangat sering kita lupakan mengingat “berkeringat” merupakan kondisi yang sangat umum kita temui. Namun tahu kah Anda? Keringat ternyata memiliki berbagai fakta unik yang menarik untuk disimak. Berikut ulasan lengkapnya :


Mengeluarkan racun
Salah satu fungsi dari berkeringat adalah membantu tubuh mengeluarkan racun yang berbahaya. Berkat keringat, tubuh tidak mudah terkena penyakit akibat racun tersebut.

Membersihkan kulit
Kulit adalah organ yang paling besar dari tubuh. Dengan berkeringat, kulit akan melebarkan pori-pori dan membersihkan debu yang menutupinya. Kulit pun menjadi lebih lembut dan sehat.

Pria dan keringat
Sebuah penelitian dari Jepang pernah mengungkap kalau wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih banyak daripada pria. Namun pria justru menghasilkan jumlah keringat yang lebih besar.

Berat badan
Berkeringat juga memberi peranan penting bagi orang yang menurunkan berat badan. Sebab keringat artinya proses metabolisme lancar dan berhasil membakar lemak.
Membuat tubuh rileks
Keringat ternyata juga membuat tubuh lebih rileks. Sebab ketika otot dipanaskan, tubuh mengeluarkan stres dan lelah. Hormon endorfin pun diproduksi untuk memperbaiki suasana hati.

Membuat pintar
Peneliti menemukan kalau berolahraga mampu menyehatkan otak dan membuatnya lebih pintar. Jadi jangan malas berolahraga dan berkeringat untuk menjaga kesehatan otak.

Meningkatkan sistem imun
Terakhir, berkeringat juga ampuh meningkatkan sistem imun. Sebab ketika berkeringat, suhu tubuh meningkat dan sel darah putih semakin banyak diproduksi.
Itulah berbagai fakta menarik tentang keringat. Mulai sekarang jangan mengeluh jika tubuh mengeluarkan keringat ya!


Mengeluarkan keringat karena tengah menahan sakit

Berkeringat merupakan hal syang sangat wajar terjadi sebab keringat merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh proses sekresi tubuh. Namun, sekitar 3 persen orang di dunia ini tengah mengalami suatu kondisi yang tak biasa, yang disebut dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan produksi minyak akibat adanya kelenjar keringat overaktif. Sayangnya, penyebab dari hiperhidrosis ini belum diketahui secara pasti. Namun sebagian orang baru mengalaminya ketika ia beranjak remaja. Beberapa bagian tubuh yang biasanya dipenuhi oleh keringat akibat adanya hiperhidrosis adalah wajah, ketiak, tangan, telapak tangan, kaki dan telapak kaki.

Keringat yang Anda hasilkan sangat mempengaruhi tingkat kebugaran tubuh

Ya, keringat merupakan salah satu faktor yang menjadi pertanda apakah tubuh Anda tengah berada dalam kondisi yang bugar atau buruk. Air keringat akan mendinginkan tubuh saat kulit Anda menguap. Hal itu dilakukan agar tubuh tidak mengalami over heating (panas yang berlebihan). Beberapa penelitian yang telah dilakukan menegaskan bahwa para atlet sangat sering berkeringat dengan intensitas lebih besar daripada orang-orang pada umumnya. Sebab, tubuh mereka telah terbiasa dengan jumlah keringat yang diproduksi.

Ternyata keringat yang dihasilkan pria berjumlah lebih banyak dari wanita

Yang umumnya Anda lihat sehari-hari memang benar adanya. Tubuh pria akan memproduksi keringat empat kali lipat lebih banyak daripada tubuh wanita. Hal itu terjadi karena laki-laki memiki ukuran tubuh yang lebih besar dari wanita, sehingga permukaan kulitnya pun lebih luas untuk pendinginan. Tidak samanya jumlah hormon yang terkandung dalam tubuh pria juga menjadi alasan lain mengapa pria  menghasilkan keringat dalam jumlah lebih banyak.

Keringat memiliki kelenjar yang berbeda

Keringat memiliki sebuah kelenjar bernama kelenjar keringat ekrin. Kelenjar ini akan berfungsi untuk memproduksi keringat air yang hampir seluruhnya terdiri dari garamd an air. Kelenjar keringat ekrin akan ditemukan hampir pada seluruh bagian tubuh manusia, namun yang paling banyak dapat pada bagian tangan, wajah dan kaki. Selain itu, keringat juga memiliki sebuah kelenjar lain bernama kelenjar keringat apokrin yang bertugas memproduksi keringat jauh lebih sedikit daripada kelenjar keringat ekrin. Biasanya, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ini akan muncul pada bagian folikel rambut, yang umumnya dapat ditemui pada ketiak. Biasanya, produksi keringat yang dilakukan oleh kelenjar ini akan menghasilkan bau.

Keringat dapat menjadi tanda stres

Stres yang akan Anda rasakan juga dapat diketahui dari keringat yang Anda keluarkan. Hal tersebut justru akan membuat orang-orang yang ada di sekitar Anda menjadi tegang. Stres akan mengakibatkan keringat keluar dua kali lipat lebih banyak dari biasanya.



Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar