Minggu, 06 April 2014

Fakta Unik Tentang Madu


Selama ini madu memang telah dikenal manfaat pentingnya bagi kesehatan. Sungguh menakjubkan memang, berbagai manfaat kesehatan yang bsia didapat dari jenis makanan alami ini. Bahkan, sebagian kalangan juga menyarankan, cukup menambahkan beberapa tetes madu dalam minuman atau makanan akan dapat membuat tubuh Anda terasa segar dan diremajakan.

Namun, disamping berbagai manfaat itu, ada beberapa hal unik tentang madu yang mungkin Anda belum ketahui. Nggak ada salahnya kan, jika Anda coba simak 10 fakta unik tentang madu dibawah ini, seperti dikutip dari Beembee:


1. Madu adalah satu-satunya pemanis non-buatan manusia yang juga dianggap memiliki efek penyembuhan.

2. Madu memiliki tingkat pH sekitar 3-4 dan terdiri dari sekitar 18% air. Karena itu, madu termasuk zat yang sangat stabil dan bisa bertahan ratusan tahun jika disimpan dengan benar.

3. Madu bisa mengurangi timbunan lemak yang ditemukan dalam sistem kardiovaskular kita.

4. Madu tidak akan berfermentasi di perut Anda seperti gula meja halus atau sukrosa. Karena hal ini, Anda bisa terhindar dari resiko infeksi bakteri.

5. Madu adalah bentuk molekul gula yang paling sederhana, sehingga tidak dapat dipecah lebih jauh. Hal ini memungkinkan madu untuk melakukan perjalanan langsung dari usus kecil ke aliran darah, dengan tidak menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti sukrosa.

6. Madu merupakan pilihan utama sebagai bahan bakar untuk membakar lemak tubuh saat tidur, karena memiliki rasio yang sama dari fruktosa menjadi glukosa.

7. Madu adalah zat terbaik yang digunakan untuk mengobati luka bakar. Madu efektif dapat meredakan rasa sakit, seiring menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas yang kentara.

8. Vitamin serta antioksidan ditemukan dalam madu. Malah, salah satu antioksidan khusus yang dikenal sebagai pinocembrin hanya ditemukan dalam madu.

9. Madu dikenal menjadi solusi yang sangat efektif dan aman untuk batuk pada anak-anak, bahkan lebih baik daripada obat-obatan biasa.

10. Beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa atlet yang mengonsumsi madu sebelum dan setelah aktivitas fisik, kondisi tubuhnya pulih lebih cepat daripada atlet yang tidak mengonsumsi madu sama sekali.

Nah, perlu diingat juga, madu yang lebih alami akan lebih baik manfaatnya. Madu olahan yang banyak dijumpai di toko atau supermarket kemungkinan tidak akan memberikan manfaat kesehatan yang sama seperti madu alam segar, yang diambil langsung dari sarang lebadalah bentuk molekul gula yang paling sederhana, sehingga tidak dapat dipecah lebih jauh. Hal ini memungkinkan madu untuk melakukan perjalanan langsung dari usus kecil ke aliran darah, dengan tidak menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti sukrosa.

So..., mulailah menambahkan sejumlah kecil madu alami pada minuman atau makanan Anda, untuk menikmati manfaat kesehatan yang sesungguhnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar