Selasa, 15 April 2014

Fakta Unik Tentang Cegukan


Cegukan adalah suatu peristiwa yang terjadi di luar kemauan atau tidak dapat dikontrol yang sering kita alami. Cegukan bisa terjadi pada siapa saja, bayi, anak kecil, remaja, dewasa, lansia pun bisa mengalami cegukan. Namun berdasarkan perhitungan, kebanyakan peristiwa cegukan sering dialami oleh laki-laki (82% kasus).
Tapi apakah anda tau bagaimana terjadinya cegukan?

Pada postingan kali ini saya akan menyajikan Fakta Unik Tentang Cegukan.

Apa sih sebenarnya cegukan itu.?

Cegukan (hiccups / hiccough) yang mempunyai bahasa medis singultus adalah kontraksi diafragma (otot di dasar paru-paru, yang membatasi rongga dada dengan rongga perut) karena mengalami kejang, kekejangan tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara (hik.. hik..) Cegukan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya.
Istilah Hiccups/hiccough muncul dari batuk yang berbunyi hik.. hik..(suara saat cegukan). Sedangkan Singultus, diambil dari bahasa latin singult yang berarti Penarikan nafasnya saat menangis tersedu-sedu.

Lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya cegukan.?

Terkadang cegukan muncul pada situasi-situasi tertentu. seperti makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol. Selain itu cegukan juga disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan. 

Ternyata cegukan itu ada macam-macamnya juga loh, berdasar lama waktunya cugukan dibedakan menjadi dua Jenis :

1.    Cegukan yang bersifat ringan
Cegukan bersifat ringan ini berlangsung hanya beberapa saat saja.  Cegukan ini terjadi akibat adanya  regangan pada lambung. Selain itu perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya),makan tergesa-gesa, makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol atau berkarbonasi, merokok terlalu banyak, atau mengalami stress juga menjadi sebab terjadinya cegukan ini.

2.    Cegukan yang bersifat menetap/permanen (persistance)
Cegukan bersifat menetap/permanen (persistance) tejadi secara terus menerus,bukan hanya berhari -hari, tapi juga bisa berbulan – bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan.

Cegukan ringan memang tidak berbahaya, tetapi sangat mengganggu dan tidak nyaman bukan?

Ini dia 10 cara memberhentikan cegukan :

1.    Menahan napas dan menghitung perlahan sampai hitungan ke-10, karena dengan menahan napas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
2.    Meminum beberapa teguk air tanpa bernapas.
3.    Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
4.    Bernapas di dalam kantong kertas.
5.    Makan makanan yang mampu menghentikan cegukan misalnya sesendok gula atau madu dan juga es krim, makanan ini dapat mengganggu kontraksi diafragma sehingga meredakan cegukan.
6.    Makan selai kacang juga dapat menghentikan cegukan karena selai kacang yang begitu lengket dapat mengubah irama napas.
7.    Mengkonsumsi makanan asam seperti cuka dapat menghentikan cegukan, alasannya bahwa rasa asam menstimulus pernapasan seseorang, saat wajah menyerit keasaman, pada saat itulah cegukan dihilangkan.
8.    Mengalihkan perhatian secara fisik dapat menghentikan cegukan, Reader’s Digest Kanada  menyarankan anda yang sedang cegukan untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga membuat anda merasakan sensasi sakit, kemudian alihkan perhatian anda dari cegukan pada rasa sakit pada tangan.
9.    Mengalihkan perhatian secara mental dapat menghentikan cegukan secara perlahan, misalnya dengan cara dikejutkan, sensasi terkejut dapat mengubah siklus nafas anda.

10. Beri minyak kayu putih pada bagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.



Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar