Minggu, 03 Agustus 2014

Penyembuhan Dengan Tehnik Pernafasan melalui Hidung




Kita memiliki hidung berlubang disebelah kiri dan disebelah kanan. Apakah fungsinya sama untuk menarik dan membuang nafas?
Sebenarnya fungsinya tidak sama dan dapat kita rasakan bedanya, sebelah kanan mewakili
matahari (mengeluarkan panas) dan sebelah kiri mewakili badan ( mengeluarkan dingin).

            Hidung tidak hanya berfungsi sebagai jalan pernafasan, ia juga dapat menjadikan timbulnya berbagai penyakit, tetapi sekaligus juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit dengan teknik tertentu. Salah satu contoh misalnya, jika sakit kepala, cobalah menutup lubang sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh. Jika anda merasa lelah, tutuplah hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan. Lakukan bolak balik. Tak lama kemudin, anda akan merasakan segar kembali. Sebab lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas, sehingga gampang sekali panas, lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin.

            Perempuan bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya mudah sekali dingin. Laki-laki bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kanan, sehingga mudah sekali marah.

            Apakah anda pernah memperhatikan pada saat bangun tidur? Lubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat? Sebelah kiri atau kanan? Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, anda akan merasa sangat lelah. Untuk mengatasinya cobalah tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, anda akan merasa segar kembali dengan cepat.

            Beberapa teknik lainnya diuraikan dalam tulisan ini, untuk mengatasi berbagai penyakit. Dengan demikian anda tidak perlu lagi membeli obat atau datang ke dokter, anda cukup mengelola pernafasan melalui lubang hidung anda.
Penyakit-penyakit pada hidung
1.      Gangguan Sinus (Sinusitas)
2.      Hidung Tersumbat (Influenza)
3.      Radang Hidung
4.      Mimisan
5.      Bersin-bersin

Sembuh dengan menutup hidung
            Menghembuskan napas dari masing-masing lubang pun memiliki khasiat penyembuhan yang berbeda. Ketika beroperasi secara independen, setiap lubang hidung dapat mempengaruhi kimia tubuh dengan cara yang berbeda. Ketika kedua lubang hidung bekerja secara bersamaan. Maka kimia tubuh juga mengalami perubahan.

            Lubang hidung kanan sering diibaratkan sebagai matahari yang memiliki karakter panas. Ia mengeluarkan udara panas dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sekresi asam. Sedangkan lubang hidung kiri diibaratkan sebagai bulan yang mengeluarkan udara dingin. Menghembuskan udara dari lubang hidung kiri dapat meningkatkan pengeluaran alkali (basa).
            Lubang hidung kanan maupun kiri berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Hidung berada dalam kontak langsung dengan hipotalamus melalui jalur dengan lobus pencium di otak. Hipotalamus adalah bagian dari sitem limbic yang terkait dengan emosi dan motivasi.
            Lubang hidung melalui proses respirasi dihubungkan dengan rspons neuromotor dan dengan sistem saraf otonom. Respons neuromotor ini mempengaruhi ini mempengaruhi belahan otak (hemisphere) dan aktivitas kimia otak yang pada akhirnya mempengaruhi semua fungsi tubuh.
            Bernapas melalui lubang hidung kiri mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan sebaliknya. Belahan otak kanan yang dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri terkait dengan kemampuan emosional, visual,relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminine. Sedangkan belahan otak kiri, yang dirangsang oleh dominasi lubang hidung kanan, dihubungkan dengan kegiatan verbal yang lebih energik dan rasional.

            Fungsi masing-masing lubang hidung juga bisa dirasakan pada saat proses penyembuhan. Bernapas dengan lebih banyak menggunakan lubang hidung bagian kanan ternyata bisa meredakan sakit kepala, membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis, serta meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan. Sedangkan bernapas dengan lubang hidung kiri dapat meredakan stress dan mengatasi kesulitan tidur (insomnia)
            Cobalah anda berbaring di sisi kanan dan bernapas dengan lubang kiri (menutup lubang hidung kanan) selama 25-30 menit, Nah, bagaimana dengan cara menutup hidung untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lainnya?
Sakit Kepala
            Jika anda sakit kepala, cobalah cara berikut ini :
·         Tutuplah lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri
·         Lakukan selama kira-kira lima menit
Badan Lelah
            Kurangnya pasokan oksigen ke otot dan otak adalah penyebab gejala lemah lesu saat lelah dan mengantuk. Selain butuh nafas yang dalam untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya, diafragma juga harus dirangsang agar lebih aktif memompa nafas. Nah, jika anda merasa lelah, lakukanlah cara berikut ini :
Cara 1:
·         Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui hidung sebelah kanan
·         Lakukan bolak balik hingga anda merasakan segar kembali
Catatan:
            Cara ini bisa berhasil karena lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas sehingga mudah sekali panas. Sedangkan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin.
            Cara 2:
·         Tutuplah salah satu lubang hidung anda lalu tariklah napas perlahan selama tiga detik
·         Buka lubang hidung yang ditutup
Mengatasi Asma
            Para ilmuwan menemukan bahwa siklus hidung sesuai dengan fungsi otak. Aktivitas listrik dari otak ditemukan lebih besar pada sisi yang berlawanan dengan kurang padat lubang hidung. Sisi kanan otak mengendalikan aktivitas kreatif, sementara sisi kiri mengendalikan aktivitas verbal logis.
            Penelitian menunjukkan bahwa ketika lubang hidung kiri kurang terhambat, maka sisi kanan otak dominan. Tes subjek memang ditemukan untuk berbuat lebih baik pada tes kreatif. Demikian pula ketika lubang hidung kanan kurang menghambat sisi kiri otak dominan. Tes mata pelajaran itu lebih baik pada kemampuan verbal.
            Ahli-ahli yoga sendiri tahu bahwa banyak penyakit yang dialami manusia muncul akibat terganggunya siklus hidung, yaitu jika seseorang terlalu lama bernafas melalui satu lubang hidung. Misalnya, ahli-ahli yoga mengatakan bahwa bernafas melalui lubang hidung kiri saja (selama periode tahun) akan menghasilkan asma. Mereka juga percaya bahwa diabetes disebabkan untuk sebagian besar dengan bernapas terutama melalui lubang hidung kanan.
            Untuk mencegah dan memperbaiki kondisi ini, mereka mengembangkan alternative teknik pernapasan lubang hidung. Tujuannya untuk membersihkan semua sumbatan aliran udara di lubang hidung dan membangun kembali siklus hidung alami.
            Menurut para ahli yoga, asma dapat dengan mudah dihilangkan dengan cara bernapas melalui lubang hidung kanan sampai asma sembuh. Untuk mencegah hal itu berulang, maka teknik pernapasan lubang hidung pun harus terus dilakukan. Adapun caranya adalah :

 Cara 1:
·         Tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan anda dan tarik napas melalui lubang hidung kiri.
·         Lakukan selama empat detik
·         Tutuplah lubang hidung kiri dengan jari manis kanan dan kelingking, dan pada saat yang sama lepaskan ibu jari anda dari lubang hidung kanan, dan buang napas melalui lubang hidung ini
·         Lakukan dalam delapan hitungan detik
Cara 2:
·         Tutuplah lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan anda dan buang napas melalui lubang hidung kiri dalam hitungan delapan detik. Ini melengkapi satu putaran penuh.
·         Mulailah dengan melakukan tiga putaran, menambahkan satu per minggu sampai anda melakukan tujuh putaran.

Catatan:
            Memaksakan bernapas melalui hidung dapat mengakibatkan komplikasi. Jika anda menggunakan lubang hidung untuk menarik napas, kontrollah supaya tidak terhalang. Jika tidak, anda harus berlatih pernapasan tenggorokan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar